10
Dec
06

Bisnis pengisian uang di mesin ATM

Enaknya menjadi nasabah bank. Tak perlu repot antri di meja kasir maupun teller. Cukup menggunakan kartu ATM, semua transaksi sudah bisa dilakukan, dari mengecek saldo, menarik uang tunai, membayar tagihan maupun berbelanja.

Tanpa harus repot-repot membawa uang tunai dan risiko kehilangan, nasabah bisa melakukan berbagai transaksi cukup dengan membawa kartu plastik ini. “ATM merupakan salah satu channel yang paling diandalkan untuk membantu teller untuk bertransaksi,” tukas Stephen Listyo, Senior General Manager Consumer Banking Division PT Bank Central Asia, Tbk.

Setiap bank memiliki ratusan bahkan ribuan mesin ATM. Sebagai contoh, Bank Niaga memiliki 275 ATM, BNI 2300 ATM, dan BCA memiliki 4600 mesin. Tentu saja, mesin-mesin ini tak dikelola oleh bank itu sendiri. Untuk pengisiannya, bank mempercayakan pada beberapa perusahaan jasa pengisian uang, seperti PT Armorindo Artha, PT Wiratanu, PT Universal, PT TAG, PT SSI, PT Trans Nasional, PT Securicor Indonesia, dan PT Cisco Mas Sekurititama. Merkea bertugas untuk menyediakan kas yang sesuai untuk setiap mesin ATM berdasarkan laporan saldo atau rekomendasi bank, mengambil kartu yang tertelan, mengisi dan memperbaiki mesin ATM termasuk di hari libur nasional, berhubungan dengan vendor mesin, melakukan kunjungan harian, dan harus siap dipanggil saat darurat.

PT Securicor Indonesia dipercaya mengurus 500 ATM di Jakarta, Medan, Semarang, Surabaya, Denpasar, dan Bandung. Mesin-mesin itu milik Bank Mandiri, BRI, BCA, Bank Danamon, Lippo Bank, Permata Bank, Citibank, Commonwealth bank, Standard Chartered Bank, HSBC, dan ANZ Panin Bank. Perusahaan jasa asal Inggris ini beroperasi di Indonesia sejak 1994. “Untuk itulah, kami harus memperhatikan sistem keamanan elektronik, mekanis dan fisik untuk menutupi celah yang bisa dimanfaatkan oleh penjahat,” jelas Chris Wright, President Director PT Securicor Indonesia.

Tugas yang sejenis juga dilakukan oleh PT Cisco Mas Sekurititama. Perusahaan hasil kongsi Cisco International dari Singapura dan Sinar Mas Multi Artha dari Indonesia ini juga merawat mesin yang dipercayakan bank padanya. 500 mesinnya di Jakarta, Bogor, Surabaya dan Denpasar yang menjadi tumpuan bisnisnya adalah milik Lippo Bank, Bank Danamon, Bank Mandiri, BNI, dan Permata Bank. “Kinerja kami akan dilihat dari berapa besar persentase ATM yang kami dikelola bisa berfungsi,” jelas Irwan Wiyanto, Director Operation Division PT Cisco Mas Sekurititama.

Bisnis ini tak dibangun dengan beberapa lembar uang ratusan ribu rupiah saja, tetapi mencapai miliaran. Tengok saja Cisco. Perusahaan ini harus menguras sekitar Rp 15-20 miliar sebagai modal awal membuka usaha jasa ini. Meski modal miliaran, jangan bayangkan keuntungan yang diraup oleh perusahaan jasa ini sangat besar. Dengan masa kontrak yang terus diperbaharui setiap tahun, bank membayar jasa pengisian ATM per bulan sekitar Rp 2 juta per mesin ATM dengan jumlah pengisian 12 kali. “Sekali pengisian, imbalannya Rp 175-200 ribu,” ujar Irwan. Layaknya industri lainnya, imbuh Chris, “Bisnis ini semakin kompetitif dan margin selalu minim.”

Untung yang tak seberapa itu harus dibandingkan dengan sisi keamanan yang selalu diutamakan oleh perusahaan kepada karyawannya. Lumrah, meski kendaraan sudah didesain dengan ketebalan yang lebih tebal ketimbang mobil aslinya, namun tak ada yang tahu bila perampok mengintai mereka dari kejauhan. Demi menjaga keamanan semua petugas lapangan yang mengisi uang di mesin-mesin ATM, Cisco mendesain ulang 50 kendaraan jenis L300 dan Panther-nya yang beroperasi di Jakarta. Bahkan, ia menggaji petugas keamanan khusus dari Brimob sebesar Rp 100 ribu per hari.

“Kami berharap, semuanya berjalan baik-baik saja,” ujar Chris, sambil terbahak smebari mengetok meja tiga kali. Meski ia mengerti tingkat risiko di Indonesia belakangan meningkat, tetapi untuk urusan yang satu ini Securicor tak ingin main-main. Ia mengasuransikan semua karyawan lapangannya dengan asuransi yang dicover langsung dari perusahaan induk di London.  Ia juga melengkapi kendaraan dengan alat keamanan yang didesain khusus oleh Securicor International.

Namun, secanggih apapun kendaraan itu, bila melintasi jalanan di kota besar seperti Jakarta, tetap saja kalah dengan hadangan kemacetan. Meski Stephen mengakui bahwa kemacetan adalah satu-satunya kendala pengisian di ibukota, toh nasabah adalah raja yang harus mendapat pelayanan nomor satu. Untuk itulah, perusahaan jasa dituntut untuk tiba di mesin ATM sebelum idol money sebesar 30% ini habis. “Kami akan terkena pinalty atau denda bila tidak sesuai dengan target yang sudah ditetapkan,” ujar Chris.

Bila tak hati-hati, pengisian uang ini juga bisa keliru, lo. “Risiko lain bisnis ini adalah salah mengisi denominasi ATM,” tutur Stephen. Untuk menghindari itu, bank selalu meminta perusahaan jasa agar melakukan koordinasi dengan petugas keamanan bank, melakukan analisa dan antisipasi untuk mencegah uang habis karena keterlambatan dalam pengisian uang di mesin ATM lantaran macet di jalan, serta melakukan cek dengan monitoring kantor pusat untuk memastikan denominasi yang diisi sudah benar. Risiko ini harus diperhatikan oleh perusahaan pengisi uang. Soalnya, menurut catatan Stephen, 75% nasabah BCA melakukan penarikan tunai dengan 3.600 ATM. Jadi, kekeliruann mengisi denominasi tak boleh terjadi.

Tahap pengisian uang di mesin ATM ini pun tak sederhana. Baik bank maupun perusahaan jasa ini sudah memiliki sistem kontrol terhadap saldo yang ada di setiap mesin ATM. Nah, agar nasabah tak mendapati mesin ATM kosong melompong saat memasukkan kartu ke dalam mesin, bank sudah memiliki ketentuan khusus agar saldo minimal yang masih tersisa di dalam mesin ATM sebesar 25-30%. Maka, bila uang yang tersisa di mesin mencapai 25-30% dari yang diisikan oleh Securicor maupun Cisco, maka mereka wajib melakukan pengisian mesin ATM segera. “Kalau kami terlambat mengisi, berarti kami menyalahi agreement yang sudah kita buat dengan bank tersebut,” tukas Irwan.

Saat masa pengisian uang tiba, baik Securicor maupun Cisco harus mengambil uang dari bank dan menyortir apakah ada yang palsu atau cacat. Penyortiran ini tidak dilakukan di ruang terbuka yang terisi oleh banyak orang, tetapi di ruangan tertutup dan dipasangi kamera pengintai. Uang yang dinyatakan lolos dari sortiran ini, akan diletakkan di kaset atau kotak yang nantinya akan ditaruh di mesin ATM. Setiap kaset mampu mempuat 2.300 lembar uang, dan setiap mesin memerlukan setidaknya 4 kaset. ATM dengan nominal Rp 50 ribuan, maka maka jumlah uang yang diisikan mencapai Rp 460 juta, sedangkan nominal 100 ribuan jumlah uangnya mencapai Rp 920 juta.

Frekuensi pengisian ini pun beragam, bergantung pada waktu, lokasi dan tren penarikan di mesin ATM. Misalnya saja, pada masa-masa karyawan kantoran gajian antara tanggal 25 hingga tanggal 5, uang di mesin ATM sangat cepat habis. Setiap hari, perusahaan jasa pengisi uang harus mengisi setidaknya satu kali dengan nilai antara Rp 200-400 juta per mesin. Di kawasan pabrik, pengisian bisa mencapai tiga kali dengan total lebih dari Rp 1 miliar. “Normalnya kami mengisi setiap 2 atau 3 hari sekali dengan nominal yang berbeda setiap mesin karena kebutuhan setiap lokasi berbeda,” papar Stephen.

Meski berisiko tinggi, toh pemain di bisnis ini tetap berprospek. “Bisnis ini lumayan prospeknya,” tegas Irwan. Oke deh!


50 Responses to “Bisnis pengisian uang di mesin ATM”


  1. 1 sriyanti
    June 5, 2007 at 5:22 am

    membaca informasi diatas semestinya tidak akan terjadi mesin ATM sampai kosong, akan tetapi realita di lapangan beberapa kali saya ke ATM untuk menarik uang ternyata ATM kosong alias tidak ada uangnya. Jika kita menemukan kondisi diatas, kemana harus menyampaikan komplain?

    • 2 De
      December 13, 2012 at 5:34 pm

      Belum tentu habis. Bisa saja problem masalah tekhnis seperti jaringan atau ada kartu nyangkut akibat human errer nasabah. Dan nasabah pun selalu menyerobot saat pengisian. Jadi jangan hanya memikirkan diri sendiri.

  2. August 26, 2007 at 4:31 am

    pengambilan uang dari atm

  3. August 26, 2007 at 4:57 am

    seharusnya pengambilan uang diATM harus diawasi oleh dewan yang berwajib.dan juga dewan keuangan negara jangan terlalu lalai dalam hal ini,karena sekarang ini banyak sekali pembobolan atm.

  4. December 30, 2008 at 6:25 am

    Mau nanya alamat n no telp PT TAG, salah satu perusahaan bisnis pengisian uang yg ada dalam artikel ini…mohon bantuannya…thx yaaaaaa

  5. 7 Fauzi
    March 24, 2009 at 5:09 am

    minta alamat perusahaan diatas di bali donk…
    PT Armorindo Artha,
    PT Wiratanu,
    PT Universal,
    PT TAG,
    PT SSI,
    PT Trans Nasional,
    PT Securicor Indonesia, dan
    PT Cisco Mas Sekurititama

    thanks ya… (^_^)

  6. 8 ale
    April 29, 2009 at 3:37 am

    memang kenyataannya benar,saya udah 1 tahun berkarja di pengisian&servis atm.keamanannya benar-benar memprihatinkan.memeng pengisian dikawal oleh polisi akan tetpi tiba waktu pengisian dilokasi kita hanya dikawal oleh satpam yang hanya bermodalkan sangkur aja. apalgi waktu servis yang hany beranggotakan kita(teknisi) dan satpam aja. wah benar-benar jasa keamanan sekarang ini sangat mahal harganya.

  7. 9 sagita
    May 27, 2009 at 6:56 pm

    saya juga kebetulan bekerja diperusahaan jasa pengisian ATM diman perusahaan ini ber nama PT ALPHA EMS saya juga menjamin crewnya orang – orang yang handal

  8. 11 abi
    December 12, 2009 at 3:24 am

    minta alamat pt.armorindo artha, pt.wiratanu, pt.universal, pt TAG, pt.ssi, pt.trans nasional, pt.securicor indonesia…..
    semua y yang dijakarta yah….makasih

  9. 12 aris m.
    December 18, 2009 at 3:59 pm

    saya bkrja di pngisian atm di jogja,,BCA,, tiap 6 bln sx ppnjng kntrak,,, apa kedepanya itu bs djnjikan,, aplg tiap saat pkrjan tmbh brt aja,,,thangkkkk

  10. 13 aris m.
    December 18, 2009 at 4:16 pm

    mnat almtya

    PT Armorindo Artha,
    PT Wiratanu,
    PT Universal,
    PT TAG,
    PT SSI,
    PT Trans Nasional,
    PT Securicor Indonesia, dan
    PT Cisco Mas Sekurititama

  11. 14 Departemen SDM PT.SSI
    March 2, 2010 at 3:11 am

    Alamat PT.Swadharma Sarana Informatika (PT.SSI)
    Jl. Hang Lekir No. 28
    Kebayoran Baru
    Jakarta Selatan

    Lowongan yang masih terbuka :
    1. Staf Pengisi ATM (Pria, SMA, 28th)
    2. Staf Kasir (idem)
    3. Staf Admin (Pria/Wanita, D-3, 28th)
    4. Pengemudi (Pria, SMA, 35th, SIM A)
    5. Satpam (Pria, SMA, 35th, Bersertifikat)
    6. Marketing (Wanita, penampilan menarik, 28th)

    Siap/bersedia ditempatkan di seluruh wil RI

  12. June 8, 2010 at 1:22 am

    minta alamatnya untuk perusahaan dibawah ini sy tunggu secepatnya… thank’s.

    PT Armorindo Artha,
    PT Wiratanu,
    PT Universal,
    PT TAG,
    PT SSI,
    PT Trans Nasional,
    PT Securicor Indonesia, dan
    PT Cisco Mas Sekurititama

  13. June 14, 2010 at 7:42 am

    Minta alamatnya untuk perusahaan dibawah ini, untuk daerah jabodetabek..sy tunggu secepatnya..thanx..
    PT Armorindo Artha,
    PT Wiratanu,
    PT Universal,
    PT TAG,
    PT SSI,
    PT Trans Nasional,
    PT Securicor Indonesia, dan
    PT Cisco Mas Sekurititama

  14. December 14, 2010 at 5:34 pm

    Mau tanya almt pt.ssi yk,trus bka cbg di mgl gk?? Thx

  15. December 30, 2010 at 7:01 pm

    salam sukses sejahtera……?

  16. 21 EMINK
    December 31, 2010 at 10:30 am

    Minta Alamat securicor yg di cirebon donk

  17. 22 pt ssi surabaya
    May 3, 2011 at 9:00 am

    bravo ssi

  18. November 24, 2011 at 11:08 am

    PT Armorindo Artha,
    PT Wiratanu,
    PT Universal,
    PT TAG,
    PT SSI,
    PT Trans Nasional,
    PT Securicor Indonesia, dan
    PT Cisco Mas Sekurititama

    bisa minta tolong kirimkan alamt yg diatas dung

  19. 24 raddea
    February 8, 2012 at 3:47 pm

    lowongan, staff maintenance,sama replenish donk.. ada gak bwat gue .. di pt .T.A.G. laaahh

  20. 25 heri
    March 11, 2012 at 2:00 pm

    minta alamat PT TAG donk..trm ksh

  21. 26 metonk ajjah
    March 18, 2012 at 1:00 pm

    @heri…
    untuk d surabaya d daerah jemur andayani.. (kalo dr jl. a.yani.. stlah lampu merah pertama ada pom bensin kiri jalan, nah kamu liat d kanan jalan ada gedung yg bertuliskan PURNAMA.. nah di situ tempatnya)

  22. 27 yda..
    March 21, 2012 at 6:11 am

    salamat pt tag… jln.gatot subroto samping kantaor pusat jamsostek tepat arah jalan semanggi jakarta .

  23. April 10, 2012 at 4:16 pm

    Sya,mau gabung ke pt tag..hubingi no hp ini 083876270140

  24. 29 urma irawan
    April 24, 2012 at 9:31 am

    jl.mahkotamas blok.k no 10.armorindo artha

  25. 30 ndadis
    May 9, 2012 at 12:23 pm

    BISA TAU ALAMAT PT TAG bkasi??? thk 085723345120

  26. 31 rhido
    June 16, 2012 at 6:26 am

    tag lenteng agung dong..
    alamat email nya kalo ada

  27. 33 dany
    June 19, 2012 at 1:49 am

    minta alamat SSI & CISCO yang d surabaya dunk

  28. 34 yohanl
    August 7, 2012 at 10:00 am

    selamat siang semua untuk bapak ibu pinpin di pt tag kapan bsaya dapet panggilan .

  29. 35 123456
    August 15, 2012 at 7:02 am

    SELAMAT SIANG PAK/IBU PERSONALIA SAYA MINTA ALAMAT PT.SECURICOR INDONESIA&PT.TRANS NATIONAL INDONESIA

  30. 36 ALPONSO
    September 7, 2012 at 1:01 pm

    AH ,,,, w nyesel masuk vendor,,,,,,bawaanya ngak tenang terlalu banyak aturan,,, salah dikit kena ganti,,, gaji ngak sesuai

  31. 37 dado
    November 13, 2012 at 6:52 am

    pekerjan berat salah sedikit kena ganti ga sesuai gaji dan resiko pekerjaan harap jadi perhatiaan buat pemilik usaha jasa ini

  32. 38 nagoya
    November 22, 2012 at 6:11 am

    PT Armorindo Artha,
    PT Wiratanu,
    PT Universal,
    PT TAG,
    PT SSI,
    PT Trans Nasional,
    PT Securicor Indonesia, dan
    PT Cisco Mas Sekurititama
    minta alamatnya yang ada di yogyakarta
    makasih..

  33. 39 Liwa_HYOSUNG_engginer_depok
    February 15, 2013 at 10:31 am

    PM rutin………PM rutin…….hehehehe maju trs TAG…… Kalo bisa jadi no 1 se jabodetabek

  34. 40 ibenk
    April 27, 2013 at 7:59 am

    Saya sudah 2 tahun bekerja di PT SSI,Alhamdulillah skarang SSI sdh mnjadi yg terdepan karena profesionalisme nya,,salary/gaji tertinggi di antara perusahaan” pengisian ATM lain’a,reward tiap tahun slalu di berikan oleh bank bank yg mnjalin kerjasama oleh SSI,
    Beresiko memang,dan taruhan’a adalah nyawa,karna brkaitan langsung dengan keuangan,,tp bagaimanapun juga setiap pekerjaan pasti ada resiko’a,

    • 41 Ririn
      May 2, 2013 at 2:12 am

      Mau tanya dong, ada lowongan kerja di PT. SSI nggak? untuk bagian TL atau ATL bisa minta nomor telp PT. SSI untuk agian pengisian ATMnya?

    • 42 ferdi
      July 23, 2013 at 1:33 pm

      om, di PT SSI ada prospek buat jd kartap gk..?? atau maksimal 2 thn trus dibuang??

  35. 43 bobby rachman
    June 15, 2013 at 6:09 pm

    klo untuk daerah purwokerto atau magelang ada gag ya.. klo ada utk daerah tersebut
    SSI lg buka lowongan gag ya.. minta alamat nya donk

  36. 44 agus gunawan
    November 1, 2013 at 5:27 pm

    klo di daerah serang banten nama perusahaannya apa yah,trs ada info lowongan kerja ngga????

  37. 46 agustinus nainggolan
    December 28, 2013 at 1:55 pm

    Saya agustinus kelahiran jakarta sekarang tinggal disumatra utara
    Saya lagi butuh kerjaan tamatan SMA dan Umur 31th
    No.Hp : 0821-62623981
    0831-96743000
    Pin BB : 20D3C7E6
    Email : agustinus.naenggolan@yahoo.co.I’d

    Bila ada info tolong segera informasikan kepada saya semoga tuhan membalas kebaikan anda

    Trim’s

  38. 47 yoga
    April 12, 2014 at 3:58 am

    klo yg di bali alamatnya dimana y..?? trims

  39. 48 utt
    May 31, 2014 at 4:31 am

    Bs bantu kasih alamat vendor jasa keuangan yg asa di yogyakarta???

    kalo ada kirim e-mail ke : utt_nozzle@yahoo.con / sms ke 085643523067

    terima kasih bantuanya gan :D

  40. 49 prabowo
    June 28, 2014 at 3:34 pm

    Alamat PT TAG dijogjakarta,mohon bantuanya…mksh…

  41. 50 irfan dedi
    September 5, 2014 at 2:07 pm

    kalo pt TAG EMANG HARUS LULUSAN SMA YA?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


December 2006
M T W T F S S
« Nov   Jan »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Archives

Flickr Photos

The Commute

Kotor, Montenegro.

Renewal

Woodland Caribou

Kumamon in the sky with the Kumamons

Last Summer Sunset

Philly's Giants

Whitstable

More Photos

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: