28
Apr
06

bali

sunset.jpg dancer.jpg map.jpg

apakah anda orang yang tidak jatuh cinta pada pulau bali?

tak apa. tak jadi soal. anda juga berhak jatuh cinta pada padang, balikpapan, papua, bahkan jogja. tetapi saya sangat jatuh cinta pada bali. bukan, bukan karena kenangan yang pernah melekat disana. tetapi karena pulau itu bukanlah pulau dimana saya besar dan tinggal. jadi, rasanya menyambangi bali adalah sebuah ketakjuban yang tidak bisa saya sembunyikan.

satu dua orang teman saya yang hendak pergi ke indonesia, mereka memilih bali sebagai tujuan utama. katanya, bali lebih indah ketimbang yang lainnya. wah, itu mah jelas banget. denpasar tak sesibuk jakarta. kuta juga lebih adem ketimbang ancol. siapa yang tega menolak bila diajak untuk menikmati matahari pada pukul empat sore di pantai kuta. sepertinya … romantis!

layaknya selarik tembang yang ditulis oleh andre hehanusa. "sejak sata itu hatiku tak mampu. membayangkan rasa diantara kita. di pasir putih kau genggam jermari tanganku. menatap mentari yang tenggelam. semua berlalu dibalik khayalku. kenangan yang indah berdua denganmu. di kuta bali, kau peluk erat tubuhku. di kuta bali cinta kita. bersemi dan entah kapan kembali. mewangi dan tetap akan mewangi. bersama rinduku. walau kita jauh … kasih, suatu sata di kuta bali .."

haiah …

di sebuah malam, belum lama ini saya menelpon seorang teman sekolah yang katanya barusaja menikah. hmmh … namanya nana dan naro. saya berucap selamat untuk mereka. sebuah tanya saya lontarkan pada naro, "ini lagi dimana 'ro? masih di balikpapan?" naro pun menjawab, "ini lagi di bali, kan lagi honeymoon …" waks … bali menjadi pilihan mereka untuk berbulan madu. saya jadi teringat chyntia dan kekasihnya yag awal tahun ini juga bertolak ke bali untuk berbulan madu. pun, saya teringat ibu rossie yang mengusung kekasih bulenya untuk menikmati buaian cinta di pinggir pantai kuta, sesaat setelah menikah.

agaknya, di bali musim jatuh cinta datang lebih panjang ketimbang di jakarta, makasar maupun jogja. kuta dipenuhi dengan nyanyian cinta dan tebaran kasih. bukan hanya bulan februari saja orang-orang mencumbui senja di pantai kuta. tetapi juga bulan juni, agustus, oktober … dan bulan-bulan lainnya.

seperti oktober yang hangat, tahun lalu. buncahan rindu menetes di pinggir pantai kuta. jemari bertaut. bisikan kasih terbawa angin sore. "aku akan kembali kesini lagi, menjumpaimu, di kuta," ujar seorang lelaki bertubuh tinggi dan tegap. saat itu, rona merah di pipinya mengabarkan bahwa ia akan menabung rindu untuk saya. aih … rasanya tubuh ini menjadi seringan kapas. rasanya sepasang mata ini menjadi gelap dan tak melihat pedagang asongan, penjaja tatto temporary. yang ada hanya dia. haiah ….

besok kuta sudah menunggu. iya, kuta sudah menunggu saya. lambaian senja di pinggir pantai kuta bersiap menyambut saya besok. saya akan menjejak bali. tetapi saya datang bukan untuk pemilik sepasang pipi yang merona. tetapi pada ombak yang mendesah di malam hari. pada sebaris tembang milik andre hehanusa. pada bulir gerimis yang tumpah dari langit kuta di sore hari. pada kuntum bunga cinta yang tumbuh di pinggir pantai kuta. pada terik yang menyengat.

ujung april yang indah. kali ini ada binar mata yang saya bawa. ada rekah senyum. ada desiran halus. ada kelingking yang saling mengamit. ada sulaman mimpi. semoga, kalian juga mendapatinya kelak, di sini, di kuta.


1 Response to “bali”


  1. 1 adinda
    May 18, 2006 at 12:16 pm

    bali. kuta. dreamland. apa lagi? mana cerita sesudah dari bali, kok ga ada??


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


April 2006
M T W T F S S
    May »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Archives

Flickr Photos

Chin Scratching Short-eared Owl

Making A Splash

Chouette épervière -  Northern hawk owl - Surnia ulula

Trillium Lake Alpine Glow

Pierless

A Candlelight Dinner

friend and foe

Ice Age Arrows.

More Photos

%d bloggers like this: