30
Apr
06

helm

helem saya pernah ditawar orang. mau dibeli beraaaapppaaaaaa saja.

aneh. padahal itu helm juga tak bagus-bagus amat. tak mahal-mahal amat. tak aman-aman amat. yang ada, helm itu cukup simpel, dan ada di film 'janji johny'. saya membelinya di jogja seharga Rp 45 ribu. di plasa senayan, plasa semanggi, perempatan jalan, helm itu ditawar orang. "mbak, helmnya buat saya ya. saya beli deh … " "mbak, helmnya dijual nggak?" "mbak, helmnya dijual berapa?"

konon, helm berasal dari bahasa belanda, yang dari sononya memang bernama helm. helm ini merupakan bentuk perlindungan tubuh yang dikenakan di kepala dan biasanya dibuat dari metal atau bahan keras lainnya seperti kevlar, serat resin, atau plastik. tak jarang, helm ini digunakan sebagai perlindungan kepala untuk berbagai aktivitas pertempuran(militer), atau aktivitas sipil seperti olahraga, pertambangan, atau berkendara. juga, dapat memberi perlindungan tambahan pada sebagian dari kepala (bergantung pada strukturnya) dari benda jatuh atau berkecepatan tinggi.

di beberapa negara helm wajib digunakan bagi pengendara sepeda motor, bahkan ada yang mewajibkannya bagi pengendara sepeda tak bermotor. di Inggris hanya penganut Sikh yang diperbolehkan tidak memakai helm karena harus memakai turban.

ada juga helm perang. ini adalah cerita lawas. awalnya helm  digunakan sebagai bagian dari baju zirah peradaban Yunani kuno, Romawi klasik, sepanjang zaman pertengahan, sampai akhir abad 17 menyaksikan penggunaan helm secara luas di sepanjang eropa sampai jepang . Bisa dikatakan tidak ada penggunaan lain helm selain keperluan perang. helm melindungi kepala dari tebasan senjata lawan, datangnya panah, atau bahkan peluru berkecepatan rendah (dari senapan awal seperti arquebus). penggunaan helm menurun sejak 1670 ketika efisiensi dan kecepatan peluru senapan meningkat pesat, pada abad 18 sama sekali tak ada infantri yang menggunakannya lagi.

nah, era Napoleon menjadi pengukuhan penggunaan helm bagi prajurit kavaleri. Penggunaan artileri berat di Perang Dunia I menunjukkan perlunya menggunakan helm bagi prajurit biasa untuk mengurangi korban karena serpihan bom atau schrapnel. Pada Perang Dunia kedua dan saat inipun demi keperluan yang sama helm masih menjadi perlengkapan standar bagi prajurit.

jaman sudah bergeser. helm tak hanya sekadar menjadi pelindung kepala saja, tetapi juga asesoris. makanya, helm saya banyak diburu orang. hihihi …

di indonesia sendiri, banyak kecelakaan berakibat fatal karena benturan langsung ke kepala yang nggak terlindungi. banyak pengendara motor di indonesia yang nggak pakai helm biar nggak ditilang oleh pak polisi saja. padahal, penjual helm itu banyak. di jogja, pengendara banyak yang pakai helm cethok, atau ciduk, yang materialnya super duper terbatas. padahal, helm yang half face atau yang menutup kepala mulai dari dahi hingga kepala bagian belakang, dan full face yang juga menutup kepala dan dagu, harganya juga nggak mahal-mahal amat.

well, anda sendiri, bagaimana? helm apa yang anda punya?


2 Responses to “helm”


  1. June 15, 2013 at 1:34 pm

    This post will help the internet visitors for creating new weblog or even a
    blog from start to end.

  2. April 21, 2014 at 1:22 am

    Hi there Dear, are you really visiting this web site regularly, if so then you
    will absolutely get good know-how.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


April 2006
M T W T F S S
    May »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930

Archives

Flickr Photos

Chin Scratching Short-eared Owl

Making A Splash

Chouette épervière -  Northern hawk owl - Surnia ulula

Trillium Lake Alpine Glow

Pierless

A Candlelight Dinner

friend and foe

Ice Age Arrows.

More Photos

%d bloggers like this: