05
May
06

che

che1.gif

contoh revolusi kami dan pelajaran-pelajarannya bagi amerika latin telah menghapuskan segala teori keddai kopi: kami telah menunjukkan bahwa sebuah kumpulan kecil disokong oleh rakyat dan yang berani mati jika diperlukan, dapat mengatasi sebuah angtan tentera dan mengalahkannya. —-ernesto che guevara.

nama che terdengar sangar di telinga saya beberapa tahun yang lalu. dulu banget, yang lekat dengan dirinya ialah perjuangan gerilya, oposan radikal, dan gerakan sosialisme revolusioner. ia adalah pemimpin revolusioner asal Argentina yang memimpin pembebasan Kuba dari cengkeraman Batista dan Amerika Serikat. che tak lain manusia yang penuh dengan petualangan dan penjelajahan. meski dibesarkan di keluarga yang berkecukuan di Argentina dan belajar bidang kedokteran, ia memilih menghabiskan waktunya untuk mengelilingi amerika latin. dalam pengembaraannya, ia melihat kesengsaraan dan kemelaratan yang menjadi pemandangan sehari-hari di amerika latin. apa iya seorang dokter macam che bisa mengobati semua pasien ini?

berkaca pada che, sesungguhnya saya dan anda, iya anda yang di sebelah sana, bisa melihat bagaimana sebuah inkorporasi ini bekerja. lihat saja, figur che secara revolusioner dibalikkan oleh ideologi yang dominan. sebelum tahun 90-an, che dikonstruksikan sebagai musuh ideologs negara, lekat dengan kekerasan dengan revolusi beringas yang makan banyak korban. bukan hanya itu saja, dalam che juga erat citra gerakan kiri dan komunis, kemiskinan dan ketertinggalan ekonomi. hingga akhirnya simboel che cenderung identik dengan bintang pop di era 60-an. che tak lagi sesangar dulu.

sebuah lapak di bali menyebut che adalah seorang penyanyi raegge kawakan seperti bob marley saatrambutnya belum dibikin gimbl. suporter sepak bola slemania malah tak tahu foto siapa yang menempel di kaosnya. che diolah oleh pemegang otoritas ekonomi sebagai ikon yang dijual dengan harga yang mahal. lisensi? jelas tak ada. bahkan, alberto korda diaz yang memotretnya pun tak mendapat royalti atas jepretan dua frame wajah che yang kini sudah mendunia.

che bisa dijumpai dimana saja di belahan bumi ini. ia menjadi ikon subversif yang digemari anak muda. che sudah dikemas dalam versi butik. mau cari produk apa aja tentang che, tak perlu repot-repot. juga, tak harus susah-susah pergi ke kuba.

(ps: tahukah kamu tentang alberto korda diaz? aslinya, ia adalah Alberto Diaz Gutierrez yang lahir tahun 1928 di Havana, Kuba. orangtuanya adalah pegawai jawatan kereta api. nama Korda diambilnya dari nama dua orang sutradara asal Hungaria yang memfilmkan kehidupan politik di Kuba tahun 50-an, Zoltan dan Alexander Korda. konon, Korda muda membantu keduanya sebagai asisten sutradara.

nah, alberto korda diaz ia adalah fotografer koran Revolution. sahibul kisah, pada 4 maret 1960, di Havana, ibukota Kuba, Presiden Fidel Castro memimpin upacara penguburan 136 warga Kuba yang meninggal akibat kapal penumpang yang meledak di Pelabuhan Kuba. terang saja, sebagai salah satu menteri, che hadir di upacara itu. saat itu, che padam di bawah popularitas Castro yang saat itu sedang membumbung tinggi sekali. nah, korda yang hadir sebagai fotografer hanya memotret Guevara sekilas dalam dua frame saja. konon, kamera yang dipakai korda saat itu ialah Kodak Tri-X Pan.

saat itu, foto che tak banyak diperhatikan hingga tujuh tahun sesudahnya. hingga che terbunuh di Bolivia, tahun 1967, Korda pun sibuk mencari negatif foto karyanya itu. sejak itulah, foto Guevara karya Korda ini berpindah tangan, dan terus berpindah negara dan benuya. dari tangan korda, popularitas che lewat sebuah foto yang tak sengaja diabadikan oleh korda, terdongkrak oleh peristiwa yang melatarbelakanginya.

tak susah mencari foto che saat ini. tapi bila ingin aslinya dari korda, bisa kunjungi situs www.cuba-photo.com di situs ini, tak jelas benar berapa harganya. soalnya, mesti telepon ke 7344553686 untuk mengetahui harga persisnya.)


0 Responses to “che”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


May 2006
M T W T F S S
« Apr   Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Archives

Flickr Photos

Chin Scratching Short-eared Owl

Making A Splash

Chouette épervière -  Northern hawk owl - Surnia ulula

Trillium Lake Alpine Glow

Pierless

A Candlelight Dinner

friend and foe

Ice Age Arrows.

More Photos

%d bloggers like this: