07
May
06

weekend

jogjamerapi.jpg jogjatugu.jpg  jogjamalioboro.jpg 

jakartatrans.jpg  jakartasudirman.jpg  jakartanite.jpg

ada banyak pilihan untuk menghabiskan weekend.

di rumah: bersih-bersih rumah. mencuci dan setrika baju. benahin atap yang bocor. membaca buku. memasak. tiudr-tiduran. nonton film. nonton teve. bebenah buku. ngoprek komputer. beresin mobil. bersihin kandang anjing. santai dengan keluarga.

diluar: jalan-jalan ke mall. main ke bonray bogor. makan di luar. puter-puter kota. janji jumpa teman lama. menjamu keluarga jauh yang datang. cari spare part komputer dan dvd. main ke pusat perbelanjaan. belanja-belanji. mencoba kendaraan baru. kongko dengan teman sekomunitas.

kalau saya, memilih untuk berada dirumah dan menghabiskan hari bersama ayah. eh, tetapi nggak di jakarta, lo. ayah saya ada di jogja. jadi begini rutenya. saban jumat, saya pulang ke jogja dengan naik kereta api. nah, setiba di rumah, saya sarapan diluar dengan ayah. menu umum untuk makan di pagi hari adalah soto pak sholeh di bilangan tegalrejo. soto daging adalah pilihan yang paling bagus. irisan dagingnya tebal. rasa sotonya gurih, dan bening. biasanya saya dan ayah habis 3 mangkok untuk berdua.๐Ÿ™‚

sesiang, ayah mengajar di rumah. sedangkan saya memilih untuk menonton teve sambil bebaring. ini adalah pilihan disaat badan tak mampu lagi beraktivitas seletah semalaman berjibaku dengan deru roda kereta yang mengiris relnya. jika saya edang beruntung bisa tidur dengan nyaman di dalam kereta, maka saya biasanya menghabiskan dengan jalan-jalan sebentar di mirota batik, kosmo, jalan solo, babarsari … atau, saya servis kendaraan. bila siang sudah datang, menu makan siang yang cukup bergizi adalah lotek bu ning di tamansiswa. atau rawon di gayam.

sore saat ayah merebahkan badan, saya pun ikut beristirahat. weh … mewah ya! jelas! ini di rumah, jadi apa saja bisa saya lakukan. kalau saya enggan rebahan, maka saya memilih untuk mengunjungi temanteman. satu-dua jam rasanya cukup terpuaskan dengan bertemu mereka. kalau tidak, saya memilih untuk nonton teve, lalu makan cemilan murah meriah seeprti siomay mang mudi, es buah pakuningratan, atau pempek ny kamto. ada pilihan lainnya lagi: menyusuri jogja sampai bensin habis.

malam, kadang ayah tak mau makan. tapi kalau lagi mau makan, beliau mau makan apaa aja, pasti saya carikan. banyak pilihannya. mau yang berkuah dan panas seperti bakmi jowo di pasar demangan atau bakmi pak man di samirono. ayah juga suka sate di samirono, atau di pakualaman. atau, makan masakan raja-raja jawa di baleraos. pilihan lainnya, ayah memilih untuk tidur.

nah, saat ayah tidur itu si bungsu ini berkelana. menyambangi warung poci di kaliurang. makan jadah bakar di pakualaman. main internet sampai pagi di mrican. jalan-jalan di mirota batik. makan burger monalisa. ngopi di kedai kopi. makan di dixie. kongko di manaaaaa sajaaaaa … umumnya, ini saya lakukan sampai pagi sekitar jam 3-an. ngobrol kanan kiri ngalor ngidul dengan teman, rasanya susah dilakukan di jakarta.

tentu saja, kalau sudah pulang pagi, saya tak akan pernah bisa bangun pagi. tapi tak apa, ayah sangat memaklumi kelakuan anak bungsunya ini kok. bangun agak siang, biasanya langsung mandi dan bebenah. siap nyekar ibu! perjalanan nyekar ibu cukup menyenangkan. mampir ke toko roti untuk buah tangan buat lik ban di desa. lalu mampir lagi di soto kadipiro di jalan magelang. setelah nyekar dan bertemu dengan lik ban, ya pulang. dalam perjalanan pulang itulah, mampir beli ini itu. makan di sana-sini. haiayah … dari tadi kok ya hanya urusan makan memakan saja.๐Ÿ™‚

bagi saya, jogja lebih indah ketimbang jakarta untuk urusan menghabiskan ujung hari. sayangnya, tidak untuk minggu ini.๐Ÿ˜ฆ

saya ada di jakarta saat pagi tiba. seperti mimpi buruk rasanya, mendapati diri berada di ibukota di ujung minggu. saya sedang tidak mood untuk mencuci uang di pusat perbelanjaan. saya juga sedang tidak mood untuk menjajal masakan anu di kedai anu. anehnya, saya juga tidak mood untuk menyambangi starbucks dan menjentikan jai diatas keyboard sambil menyeruput frapucino rhumba venti kesukaan saya. saya memilih untuk mengangkut semua peralatan saya ke kantor, dan menulis. saya bekerja karena akan mencuri hari libur pada tengah minggu besok.

browsing tulisan. membuat tulisan otomotif. menelpon beberapa narasumber. chatting. mengumpulkan data. menjajal bikin TOR buku. menulis cerpen. semuanya saya lakukan dari balik meja. mengajak makan tomi keluar. menonton bola. berdiskusi kecil. membaca majalah di perpustakaan. semuanya bagian dari kecelakaan saya pada weekend ini.

saya kadung cinta dengan jogja. badan tak tampak kusut bila melihat ayah menyambut kedatangan anak bunsgunya. letih dan patah pinggang, tetapi langsung hilang setelah kaki ini menginjak halaman rumah. weekend terdahsyat adalah berkumpul bersama keluarga di jogja. dan itu sudah saya lakukan selama hampir 2 tahun ini. hmmpff …

kamu, bagaimana?


3 Responses to “weekend”


  1. May 11, 2006 at 4:42 am

    ehm….anak yang berbakti pada orang tua!

  2. 2 wenita
    May 18, 2006 at 12:00 pm

    ya ampun femi … nggak patah ya badannya? kalo aku sih udah goyang patah-patah tuh!!! hihihihi …

  3. February 7, 2008 at 12:15 pm

    Saya yang barusan saja tinggal di Jakarta tidak kepikiran untuk pulang ke Surabaya. Masak naik pesawat demi weekend dan berjumpa dengan keluarga. Apa nggak habis gaji saya?
    Apalagi libur dalam seminggu cuma sekali, tanggal merah pun tidak kenal libur. hiks….

    pinginnya sih ke Bandung atau ke Bogor menghabiskan waktu. Tapi kayaknya teman yang saya kunjungi sudah berkeluarga atau ada urusan pribadi.

    Atau saya ke Cirebon saja yak?

    antown.blogspot.com
    usmany.deviantart.com


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


May 2006
M T W T F S S
« Apr   Jun »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Archives

Flickr Photos

Lago di Braies

Red and Gold

Sol Duc Falls

Wasting Light

Back to forest

Red Lane 3

Prairie Falcon 2016

Suitcases

More Photos

%d bloggers like this: