19
Mar
07

Jadikanlah Sebagai Jalan Keluar Terakhir

Horeee… bunga turun. Kinilahsaatnya berutang kebank. Dengan bunga rendah,cicilan murah, hidup jadimudah.
Tapi, berutang ke bank perluperjuangan. Soalnya, lembaga keuanganyang satu ini begitu ketatmenyeleksi para calon pengutang.Sudah begitu, biasanya bank memerlukanwaktu relatif lama untukmemelototi kelayakan si calondebitur.

Namun, kalau Anda kebeletuntuk berutang, jangan khawatir.Manfaatkan saja kredit tanpaagunan (KTA) yang sekarang ramaidijajakan perbankan.

Ini jelas simbiosis mutualisme.Perbankan butuh penyaluran hasratkredit, sedangkan masyarakatmembutuhkan dana cepat. Pendekkata, KTA adalah duit ngangguryang bisa dimanfaatkan nasabahuntuk beragam kebutuhan.

Soalnya, banyak kebutuhanmendadak yang selalu saja bisamuncul sewaktu-waktu. Mulaidari membuka usaha, renovasirumah, bayar uang muka kendaraan,membayar uang sekolah anak,atau ehm…, kawin lagi.

Semua orang dapat mengajukanKTA, baik karyawan, profesional,maupun pengusaha. Bedanya adalahdari segi produk dan jumlahpinjaman.

Dengan bermodal slip gaji,Anda bisa mendapatkan pinjamanhingga ratusan juta rupiah tanpajaminan. Penghasilan tetap inilahyang menjadi sumber pembayarancicilan.

Syarat lain adalah adanya masakerja seseorang di sebuah perusahaan.“Kami mendidik masyarakatagar megatur uang dengan lebihbaik,” kata Diah Sulianto, GeneralManager Divisi Kredit KonsumenBank BNI.

Waduh, enak, ya, Anda bisameminjam uang tanpa perlu menjaminkanharta yang kita miliki.“KTA harus dilihat sebagai alternatifpendanaan,” ujar Yosi Yunasha,CEO Save Consulting, sebuahperencana keuangan. Namun, iamewanti-wanti agar nasabah takmenjadi konsumtif.

Ligwina Poerwo Hananto, CEOQuantum Magna Financial, jugamengingatkan, “Nasabah harusbertanggung jawab kepada dirinyasendiri atas dana yang ia pinjam.Kalau enggak mampu bayar,ya jangan meminjam,” imbuhnya.

Pelototi bunga, plafon,dan jangka waktu

Kalau Anda berminat ber-KTA,ada beberapa bank yang punyaproduk ini. Bank BNI, misalnya,muncul dengan produk BNI Fleksidan BNI Cerdas.

BNI Cerdas lebih memprioritaskanpada nasabah yang menggunakankredit ini untuk pendidikan.Mereka yang berhakmengajukan KTA ini hanya perusahaanyang merupakan mitraBNI. Keistimewaannya, “Pagukredit kami mencapai Rp 200 juta.Tapi, kredit ini bagi nasabah selektifyang perusahaannya merupakanmitra kami,” imbuh Diah.

Standard Chartered Bank (Stanchart)juga tak mau kalah. Produknyatetap bernama KTA, KreditTanpa Agunan.

Bank yang mengklaim sebagaipencetus KTA ini siap mengucurkankredit hingga Rp 150 juta pernasabah. “Market share kami atasKTA ini sekitar 33% dengan jumlahnasabah lebih dari 100.000,”ujar Lani Dharmawan, GM KartuKredit dan Pinjaman PersonalStanchart.

HSBC pun punya produk KTAyang bernama KTA-KU. Daya tariknya,nasabah dapat menentukansendiri pilihan cara menghitungangsurannya.

Ada dua pilihan. Pertama, angsurantetap, nilai angsuran bulanansama terus selama masa pinjaman.

Kedua, angsuran bertingkat,yaitu nilai angsuran bulanan padatahun pertama lebih kecil dari tahunkedua dan ketiga.

Yang paling anyar, Bank Bumiputerameluncurkan KTA Aktif135. Kelebihannya, karyawan bisamengalihkan pinjamannya daribank lain ke Bumiputera denganfasilitas take over.

Ada juga fasilitas lain, sepertiTop Up untuk menambah jumlahpinjaman dan Refresh untukmemberikan pinjaman lain yangsudah melunasi kreditnya. “Kemudahanpersyaratan untuk nasabah,proses yang lebih cepat, iniyang kami tonjolkan,” beber FerialFahmi, Implant Banking GroupHead Bank Bumiputera.

Bagaimana dengan tingkat bunga?Bila seorang agen KTA menyambangiAnda, biasanya diaakan mengklaim suku bunganyapaling rendah.

Tapi jangan keburu nafsu, bandingkandulu. Bank BNI, misalnya,mematok bunga flat selamamasa peminjaman antara 3 tahunhingga 5 tahun.

BNI Fleksi berbunga 12% pertahun, sedangkan BNI Cerdas bunganya13% per tahun. Bandingkandengan HSBC yang memasangbunga flat 1,60% sampai1,99% sebulan; lalu ABN AMROyang memiliki bunga pinjamanflat sebesar 1,79% per bulan. Andabisa menghitung, bank mana yangmemberikan bunga gede, kan?

Hitungan KTA Bumiputera lainlomba Mengenakan Bunga Tinggilagi. Bunga flat-nya per tahunmencapai 14,5% -19%. Bumiputeramemungkinkan memberi utangminimal Rp 3 juta dengan masapinjam hingga 5 tahun.

Sedangkan Stanchart memejengbunga flat 1,76%-1,8% per bulan.“Tapi, ada juga kok yang kamitawarkan antara 1,5% atau 1,4%per bulan, bahkan bisa lebih kecillagi,” jelas Lani. Syaratnya, perusahaantempat si debitur harusbekerjasama dengan Stanchart.

Selain bunga, Anda juga kudumemperhatikan masa pinjamannyadan pagu kredit. Rata-rata,masa pinjaman KTA tidak panjang.Paling banter lima tahun.Sedangkan plafon kredit umumnyaRp 3 juta sampai 125 juta.

Pagu kredit di BNI Fleksi mulaidari Rp 5 juta sampai Rp 30 jutasaja. Ini untuk karyawan. Sedangkanuntuk pensiunan antara Rp 5juta hingga Rp 15 juta.

Adapun di BNI Cerdas, besarnyapinjaman mulai Rp 5 jutahingga Rp 200 juta untuk masa 3tahun. “Kebanyakan nasabahmengambil KTA untuk pelunasanhingga 3 tahun,” terang Diah.

Untuk besaran pinjaman biasanyaantara tiga kali sampai empatkali gaji. Sementara, besaran cicilanantara 30% atau 40% dari penghasilan.Artinya, jika penghasilan bersihAnda Rp 2,7 juta, mimpi kali, ye…,bank akan memberikan pinjamanhingga Rp 100 juta.

Janganlah membuatmasalah baru

Terus, ada rupa ada harga. Lantarantanpa jaminan, bunga KTAumumnya setinggi bintang di langitketujuh.

Makanya, Anda harus memelototibrosur KTA dan rajin bertanyake agen KTA. Jangan cuma memelototisi agen saja, dong.

Yosi mengingatkan, sifat KTAini jangka pendek. Jadi, “Sebaiknyauntuk usaha yang sifatnyajangka pendek,” hitung Yosi. Modalkerja dari KTA ini bisa untukmenggantikan modal yang tidakbisa dipinjam dari bank dengankredit konvensional atau yangmenggunakan agunan. “Namanyakredit, sangat baik untuk hal-halyang produktif,” imbuhnya.

Yosi tidak menyarankan Andamenggunakan KTA ini untuk sebagaiuang muka pembelian rumah.Soalnya, cicilan yang bakalAnda tanggung akan dobel. Yakni,untuk mencicil kredit pemilikanrumah (KPR) dan KTA.

Ligwina malah menyarankanagar Anda tak menggunakan KTAuntuk menutup utang kartu kredit.“Bunga KTA itu lebih besar.Kalau untuk membayar utangkartu kredit, sama saja denganmembuat masalah baru,” ujar perencanakeuangan tersebut.

Untuk itu, prinsip kehati-hatiansangat diperlukan sebelum memutuskanuntuk menerima tawaranKTA dari bank-bank. Sepertiyang Ligwina bilang, kalau danaKTA itu Anda pakai untuk menambahmodal usaha, ya monggosaja.

Tetapi, kalau untuk membelitelevisi, kulkas, atau keperluankonsumtif konsumtif lainnya, Ligwinamenggelengkan kepala. “Lebihbaik jangan, deh,” cetusnya.

Soal bank mana yang mestiAnda pilih, Yosi punya beberapapertimbangan buat anda. “Ambilsaja bank yang Anda mudah untukbertransaksi,” katanya.

Menurut dia, kalau memangbunganya beti alias beda tipis, lebihbaik memilih bank yang biasaAnda gunakan. Soalnya, kalaumemilih lain bank, tetap saja adaongkos transaksi yang kita tanggungjuga. Ini sama saja denganmenambah biaya.

Namun, kata Ligwina, bungakredit tetap harus mendapat perhatianekstra. “Lihat kredit yangbunganya tinggi sekali yang kitatidak mampu bayar. Dan, manakredit yang bunganya rendah dankita masih mampu bayar,” ungkapnya.

Anda juga harus disiplin membayartepat waktu. Bila tidak,Anda harus pula membayar penaltiyang cukup besar. Di sampingitu, bila Anda mengemplang, bersiap-siaplah membayar bunga lebihbesar, sebab umumnya untukKTA juga berlaku sistem bungaberbunga

Wajar Ligwina dan Yosi menyarankanagar Anda ekstra berhatihati.Soalnya, makin banyak bankyang menyalurkan duitnya ke kreditkonsumsi dan KTA.

Data Bank Indonesia (BI) berteriak,dari tahun ke tahun penyalurankredit konsumsi dan KTAterus menanjak. Tengok saja,pada tahun 2001, total kredit konsumsiperbankan mencapai Rp58,59 triliun.

Angka ini terus merembet naikhingga tahun lalu mencapai mencapaiRp 230 triliun. Bayangkan,betapa gurihnya kue KTA ini buatbank.

Melihat rapor yang terus menunjukkangrafik menaik, makabisa saja tahun 2007 ini semakincerah. Bank BNI, contohnya, sudahberancang-ancang menggelontorkanKTA sebanyak Rp 16triliun tahun ini. Bank Bumiputerajuga siap mengucurkan dana Rp200 miliar.

Coba, lihat. Kalau kecenderungankonsumsi yang semakin meningkat,salah-salah bukannyausaha Anda menjadi untung, tetapimalah buntung.

Maka, jadikanlah KTA ini bakAnda ingin berpoligami, yakni jalankeluar terakhir. Setelah pinjamke kantor, ke sanak saudara,atau ke teman tidak bisa, baruAnda mengajukan KTA.Setuju?


0 Responses to “Jadikanlah Sebagai Jalan Keluar Terakhir”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


March 2007
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Archives

Flickr Photos

Lago di Braies

Red and Gold

Sol Duc Falls

Wasting Light

Back to forest

Red Lane 3

Prairie Falcon 2016

Suitcases

More Photos

%d bloggers like this: