17
Apr
07

Asiknya gonta-ganti pasangan

Banyak orang bilang, suka gonta-ganti pasangan berisiko tinggi. Bukan cuma mendapat cap tidak setia, tetapi juga berpotensi terhadap penyebaran virus HIV/AIDS. Eh, tapi itu kan kalau manusia. Kalau kartu seluler? Sah-sah saja dong. Malah, banyak pengguna seluler yang suka gonta-ganti kartu, dari Telkomsel ke Mentari, dari Mentari ke XL, dari XL ke Telkomsel, dan begitu terus perputarannya. Bukannya tak setia, tapi semata-mata memilih kartu yang memberikan keuntungan lebih dari yang lainnya.

Karena konsumen selalu mengejar kelebihan dari sebuah kartu tanpa memandang siapa operatornya, tak heran setiap operator berlomba mencetak kartu perdana sevariatif mungkin. Variasi itu diciptakan mulai dari tarifnya, fiturnya hingga bonus-bonus dari setiap jenis kartunya. Jadi, jangan heran kalau dalam setahun operator bisa membikin kartu perdana lebih dari satu jenis.

Kartu perdana yang paling bontot lahir dari rahim PT Excelcomindo Pratama (XL) Tbk, namanya perdana Bebas edisi Emas. Kartu ini komplit dengan fitur untuk komunikasi verbal, SMS hingga data dengan kecepatan tinggi menggunakan teknologi 3G. “Dengan kartu ini, pengguna Bebas memiliki kesempatan menikmati tarif hemat untuk menelepon ke sesama nomor XL,” jelas Nicanor V. Santiago III, Direktur Marketing XL.

XL membanderol kartu perdana ini dengan harga yang cukup murah, yaitu Rp 10 ribu (termasuk PPn) dengan bonus pulsa total Rp 40 ribu. Perinciannya, pulsa awal Rp 10 ribu akan diberikan pada saat aktivasi dan tambahan bonus pulsa total Rp 30 ribu untuk 3 bulan pemakaian pertama. Bonus pulsa ini akan diperoleh untuk pemakaian minimal Rp 20 ribu setiap bulannya dan berlaku untuk periode program 1 April hingga 30 Juni 2007.

Bukan cuma itu saja, kartu Bebas edisi Emas juga memberikan nilai tambah berupa gratis 25 SMS sesama XL yang diberikan saat aktivasi. Bonus gratis SMS ini bisa digunakan sampai masa aktif kartu berakhir dan akan diterima dalam waktu 1 x 24 jam setelah aktivasi. Hanya saja, bonus ini hanya berlaku selama 1 April hingga 30 Juni 2007. “Perdana kartu Bebas, akan memiliki keuntungan yang sama meski bukan edisi Emas selama pengaktifannya periode program itu,” kata Ruby Hermanto, GM Marketing Products XL.

Ongkos bicara kartu ini yaitu Rp 10/detik (termasuk PPn) untuk menelepon ke sesama nomor XL di manapun dan kapanpun. Tarif ini merupakan tarif promosi yang berlaku selama periode program 1 April hingga 30 Juni 2007 bagi pengguna isi ulang reguler dan Xtra. Program ini menggantikan program Tarif Ngirit ber-10 yang berakhir 31 Maret 2007 lalu. Sedangkan tarif flat Rp 25/detik yang mulai berlaku sejak 9 Februari lalu, tetap dapat dinikmati oleh pengguna Bebas untuk menelepon ke semua nomor operator lain di Indonesia serta ke 35 negara lainnya.

Sebelum peluncuran perdana Bebas edisi Emas ini, Telkomsel juga meluncurkan beberapa edisi kartu perdana. Misalnya, Kartu As HYPERBOLA, yaitu paket perdana bergambar dunia sepakbola Indonesia. Konon, kartu ini muncul untuk merespon mulainya Liga Indonesia periode 2007/2008. Nah, untuk membangun komunitas pecinta sepak bola Indonesia, Telkomsel menyiapkan sejuta kartu Hyperbola.

Membikin kartu perdana ini, Telkomsel bergandengan dengan PSSI. Maklum, Telkomsel berperan sebagai official mobile partner untuk Tim Nasional, Liga Indonesia dan Copa Indonesia. Menurut data yang dilansir PSSI, jumlah anggota fans club yang resmi terdaftar di setiap kesebelasan rata-rata 70.000 orang, sehingga diperkirakan jumlah fans club dari 64 kesebelasan Copa Indonesia bisa mencapai 4.480.000 orang. Angka ini terbilang empuk untuk menggaet pelanggan baru.

Kartu Hyperbola ini mengingatkan kita pada Program Mentari Freekick yang berlaku sepanjang tahun 2006 lalu. Di program ini, pelanggan Mentari bisa memperoleh informasi seputar olahraga sepak bola yang terbaru dari liga-liga Eropa, Piala Dunia, Liga Jarum dan Copa Indonesia. Selain itu pelanggan juga dapat mengikuti kuis – kuis Liga Dunia dan nonton bareng Piala Dunia.

Kartu perdana lain dari Telkomsel adalah simPATI Ekstra yang dilepas dengan harga Rp 10.000. dengan duit segini, pelanggan langsung bisa menikmati pulsa awal Rp 10.000 (Rp 5.000 untuk komunikasi ke nomor operator manapun dan Rp 5.000 sesama Tellkomsel). Selain itu, juga ada bonus pulsa Rp 10.000 saat isi pulsa pertama yang bisa digunakan untuk komunikasi sesama Telkomsel.  Agoes Soekarno, VP Telkomsel Jabotabek-Jabar bilang, “Peluncuran simPATI Ekstra ini wujud kepedulian Telkomsel untuk meningkatkan teledensitas di Indonesia yang baru mencapai 25% dari jumlah penduduk.”

Fitur kartu perdana Telkomsel ini adalah tarif ekstra hemat Rp 99 per 6 detik menelpon keluar negeri, SMS Rp 199 sesama Telkomsel pukul 23.00 – 07.00 yang berlaku hingga akhir Mei 2007, serta layanan 3G. Semua nilai tambah tersebut melengkapi tarif ekstra hemat yang telah berlaku sebelumnya, yakni : tarif flat Rp150 per 30 detik (pukul 23.00 – 07.00) dan Rp 300 per 30 detik (22.00 – 23.00), serta SMS Rp 299 (pukul 07.00 – 23.00) sesama Telkomsel ke seluruh Indonesia.

Di lini kartu pascabayar, Telkomsel mengantongi kartu perdana HALOhybrid. Konon, tahun ini Telkomsel berencana meningkatkan jumlah target pelanggan pascabayarnya hingga dua kali lipat lewat kartu ini. jadu, pertumbuhan pengguna kartu pascabayar yang awalnya hanya dipatok 300 ribu pelanggan, kini menjadi 600 ribu. HALOhybrid dilengkapi gratis 100 SMS per bulan untuk komunikasi sesama Telkomsel, layanan 3G, dan Bebas abonemen.

Kendati kartu pascabayar, namun produk ini diklaim sebagai inovasi baru. Soalnya, dalam satu kartu seluler disajikan dua fitur layanan sekaligus yakni pascabayar dan prabayar. Pelanggan HALOhybrid bisa memilih jenis layanan yang diinginkan. Saat mengaktifkan pascabayar, tarif yang dikenakan mengacu pada kartu HALO. Sedangkan saat mengaktifkan prabayar, yang diberlakukan tarif kartu Simpati. Enak ya, siang pakai postpaid, kalau malam pakai prepaid.

Operator yang paling awal menyurungkan kartu perdana anyarnya tahun ini adalah Indosat dengan Mentari Seru. “Kartunya sih sama, hanya saja programnya yang berbeda,” jelas  Guntur S Siboro, Group Head  Integrated Marketing Indosat. Seruan itu lantaran karena Seru Freetalknya, Seru tarif Hebatnya untuk ber-5, dan seru GPRS nya. Di kartu ini, layanan yang diberikan diantaranya gratis telepon setiap hari keseluruh nomor selular Indosat. Syaratnya, jika memakai pulsa Rp 10.000 akan dapat langsung pulsa Rp 10.000 juga namun harus dipakai di hari yang sama dan tak berlaku kelipatanya.

Selain itu, jika melakukan isi ulang 25 ribu akan mendapatkan freetalk selama dua hari berlaku pada jam 00:00 sd 05:00 WIB. Yang lebih dasyat lagi, diluar dobel freetalk, Mentari juga memberikan tarif hemat 150/30 menit yang akan berlaku pada setiap pukul 23:00 sd 07:00 WIB. Dan masih ada bonus 20 SMS jika membeli perdana Mentari. Layanan yang makin seru adalah tarif untuk ber-5. Caranya, pelanggan mendaftarkan nomor-nomor yang sering di telepon dengan mendaftarkan diri melalui sms. Tarif tersebut bukan hanya lokal tapi juga nomor wliayah SLJJ seluruh nusantara hanya dengan tarif Rp 250/30 detik saja.

Pilihan begitu banyak, giliran anda yang kini memilih. (***)


2 Responses to “Asiknya gonta-ganti pasangan”


  1. 1 rommee
    August 1, 2007 at 3:57 pm

    reap the benefit from each provider..
    a smart way of thinking
    follow us!
    haha


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


April 2007
M T W T F S S
« Mar   May »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Archives

Flickr Photos

Chin Scratching Short-eared Owl

Making A Splash

Chouette épervière -  Northern hawk owl - Surnia ulula

Trillium Lake Alpine Glow

Pierless

A Candlelight Dinner

friend and foe

Ice Age Arrows.

More Photos

%d bloggers like this: