07
May
07

Lapornya Setiap Hari, Bos

Sebentar lagi para manajer investasi yang setia setiap hari melaporkan nilai aktiva bersih (NAB) bakal mendapatkan teman. Sang teman adalah perusahaan asuransi. “Juni ini unitlink juga harus melaporkan harganya setiap hari,” kata sumber KONTAN di pemerintahan memberikan kisikan. Persis seperti NAB, harga unitlink juga mesti dilaporkan ke Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK).

Unitlink adalah asuransi yang di dalamnya juga ada unsur investasi. Itu sebabnya, harga premi unitlink lebih tinggi ketimbang asuransi konvensional.

Selama ini, perusahaan asuransi tidak seragam dalam melaporkan harga unitlink-nya. Ada yang tiap hari, ada yang seminggu sekali, ada yang seminggu dua kali. Nah, Bapepam-LK ingin menyeragamkan waktu pelaporan ini.

Direktur Eksekutif Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) Eddie K. Berutu menjelaskan, saat ini perusahaan asuransi berupaya memberikan transparansi ke pemegang polis dengan mengumumkan harga unitlink. “Perusahaan berkepentingan melindungi pemegang polis sekaligus menunjukkan kinerja pengelolaan unitlink,” kata Eddie.

Kalau semua perusahaan asuransi bisa memberi laporan harga seragam saban hari, kepentingan nasabah bisa terjaga menjadi lebih baik. “Sehingga, nasabah bisa mendapatkan info lebih lengkap untuk membeli produk asuransi yang mana,” katanya.

Mau tidak mau, para pemain asuransi harus mengikuti aturan main baru ini. Takaful, misalnya. Selama ini, asuransi syariah tersebut melaporkan unitlink-nya seminggu dua kali. “Kalau dituntut profesional, mau gimana lagi?” tandas GM Pemasaran Asuransi Syariah Takaful Agusdin.

Namun, sikap kritis muncul dari mulut Eko Nugroho, Asisten Manajer Pengembangan Produk dan Riset Sequislife. “Bagaimana dengan perusahaan asuransi kecil atau baru yang sistemnya belum siap?” tanyanya.

Menurut Eko, produk unitlink yang begitu kompleks dan wajib lapor setiap hari bakal menambah berat kerja perusahaan asuransi kecil tersebut.

Andalan untuk menopang pendapatan

Sistem yang belum tertata dengan baik ini bisa membikin kerja sebuah perusahaan asuransi yang menggarap unitlink ini menjadi ekstra. “Jangankan untuk unitlink, kadang akunting saja belum tentu beres,” tukas Eko.

Geliat unitlink tahun ini menunjukkan, produk tersebut bakal menjadi primadona perusahaan asuransi. Produk unitlink tahun ini bakal naik antara 23%-25%. Angka ini muncul sejalan dengan perkiraan pertumbuhan industri asuransi yang 25%. “Sebenarnya, pergerakan unitlink malah bisa mencapai 100%,” kata Kepala Aktuaria AIG Life Iwan Pasila.

Kuartal pertama tahun ini, AIG Life mampu memboyong premi sebesar Rp 800 miliar-Rp 900 miliar. Kuartal kedua nanti, perusahaan patungan asal Amerika Serikat ini diharapkan mengantongi setoran premi Rp 1,8 triliun.

Menurut catatan AIG Life, pada tahun 2005 ke 2006, peningkatan unitlink itu dari sektor bancassurance. Setidaknya, pertumbuhan di perseroan ini di atas 50%.

Sementara, di Allianz Life, unitlink menjadi donasi yang cukup besar ke pendapatan perusahaan. Tahun lalu, lantaran sumbangan unitlink, pertumbuhan pendapatan premi Allianz naik 57% menjadi Rp 1,31 triliun.

Optimisme masih datang tahun ini. Seiring dengan diturunkannya dana penjaminan di bank oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Allianz yakin produk unitlink bakal semakin seksi. “Dengan turunnya suku bunga deposito, masyarakat kemungkinan mencari produk lain seperti unitlink,” ujar Presiden Direktur Allianz Jens Reisch.

Perusahaan asuransi asing macam Sun Life juga mengandalkan unitlink sebagai sumber pundipundi pendapatan. Di Sun Life, sebanyak 60% pendapatannya berasal dari unitlink. Baru sisanya dari produk konvensional seperti asuransi pendidikan dan asuransi hari tua.

Apakah dengan wajib lapor, produk unitlink ini bakal makin mengkilat?


0 Responses to “Lapornya Setiap Hari, Bos”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


May 2007
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Archives

Flickr Photos

Lago di Braies

Red and Gold

Sol Duc Falls

Wasting Light

Back to forest

Red Lane 3

Prairie Falcon 2016

Suitcases

More Photos

%d bloggers like this: