26
May
07

Eh, si Jompo itu Ternyata Masih Punya Gigi, lo

Sudah bukan zamannya lagi berpergian membopong duit di karung bagai musafir zaman dulu. Risikonya gede, bisa kena rampok, todong atau copet. Tidak amanlah.

Alat pembayaran yang terasa lebih aman ketimbang uang tunai adalah uang plastik, entah itu kartu kredit atau kartu debet. Tapi, sebenarnya ada lagi alat pembayaran nontunai yang usianya sudah cukup jompo, yakni cek perjalanan atau traveller’s cheques. “Traveller’s cheques ini untuk menggantikan uang cash,” kata Ligwina Poerwo Hananto, CEO Quantum Magna Financial, sebuah perusahaan perencana keuangan.

Tapi, memang pamornya sudah rada menyurut. “Traveller’s cheques ini saat ini masih ada yang menggunakan, meski banyak yang sudah meninggalkan,” kata VP Kepala Grup Senior Bank Internasional Indonesia (BII) Sudono J. Wong.

Sekadar menyegarkan ingatan Anda, traveller’s cheques merupakan cek senilai jumlah tertentu yang bisa Anda beli di kota Anda sekarang. Kemudian, cek itu bisa Anda cairkan di mana pun, termasuk kota tujuan Anda.

Coba tengok Komang yang hendak mudik dari Jakarta ke Bali. Ia berniat membawa pulang Rp 100 juta. Maka, ia pun membeli cek perjalanan senilai Rp 100 juta dan menukarkan kembali cek tersebut dengan uang tunai bernominal sama setibanya di Bali. Dengan demikian, Komang tidak perlu menenteng-nenteng uang tunai senilai Rp 100 juta, kan?

Tapi, cek perjalanan itu tak hanya bisa digunakan dari Jakarta ke Bali saja. Cek ini bisa juga cair di luar negeri. Memang, sesuai namanya, cek perjalanan ini biasa dimanfaatkan orang-orang yang melakukan perjalanan jauh, hingga ke luar negeri.

Masih punya keunggulan

Kendati pamornya rada surut, namun cek perjalanan masih tetap layak menjadi bekal Anda liburan. Keunggulan cek perjalanan sudah jelas, yakni lebih aman ketimbang uang tunai. Kalau hilang, bank bisa menggantinya dengan yang baru.

Tapi, harus diakui dia masih kalah dengan ATM. Bagaimana tidak, untuk selembar cek perjalanan, Anda harus datang ke bank untuk membeli dan menguangkannya. Belum lagi, harus berurusan dengan administrasi yang cukup lama. Hanya, keunggulannya, limit cek perjalanan jauh lebih besar. Bahkan, bisa-bisa, tak ada limitnya.

Lebih menguntungkan lagi kalau Anda mengantongi cek perjalanan keluaran American Express Bank (Amex). Soalnya, kalau paspor Anda hilang di negeri orang, bank Amerika ini akan membantu dalam pengurusan paspor baru. “Orang Indonesia tidak begitu familier dengan traveller’s cheques. Padahal, manfaatnya banyak,” kata Risza Bambang, Presiden Direktur Padma Radya Aktuaria, sebuah perusahaan perencana keuangan.

Cek perjalanan ini sendiri terbagi dua. Pertama, cek perjalanan atas unjuk. Dengan cek ini, siapa pun pembawanya bisa langsung mencairkannya ke bank maupun yang ditunjuk.

Kedua, cek perjalanan atas nama. Cek ini yang mencantumkan nama Anda, sehingga hanya Anda yang bisa mencairkannya dengan menunjukkan kartu identitas dan tandatangan Anda.

Untuk keamanan, lebih baik Anda memilih cek perjalanan atas nama. Bila cek Anda hilang, hanya Anda yang bisa mencairkan cek tersebut, bukan orang lain yang menemukan cek itu.

Lain perkara kalau Anda ingin memberikan hadiah ke keluarga atau rekanan Anda. Cek perjalanan atas unjuk bisa Anda pilih. Dengan demikian, si penerima bisa mencairkannya sendiri.

Dan, “Lebih baik penggunaan traveller’s cheques ini untuk ke luar negeri,” imbuh Risza. Hitungannya, tidak semua negara memiliki money changer. Paling banter bank. Sehingga, ketimbang membawa duit tunai, lebih aman membawa cek perjalanan.

Sementara, kalau memakai ATM, tidak semua orang punya ATM yang bisa digunakan di luar negeri. Kalaupun ada, imbuh Risza, penarikan uang di luar negeri bakal kena fee yang lumayan.

Memilih penerbit cek

Yang wajib Anda catat, sebagian besar bank hanya menawarkan cek perjalanan atas nama. Selain itu, Anda tak perlu menjadi nasabah bank tersebut untuk membeli cek perjalanannya.

Bank Mandiri, misalnya. Bank plat merah ini memiliki cek perjalanan yang bernama Mandiri Traveller’s Cheques (MTC) dalam bentuk rupiah dan dapat dicairkan di seluruh kantor cabang Bank Mandiri. MTC ini ada dua, yaitu MTC Bukan Blangko dan MTC Blangko.

Cek perjalanan jenis MTC Bukan Blangko itu membutuhkan tandatangan Anda, sehingga tidak dapat dipindahtangankan dan bakal diganti bila hilang. Sementara, untuk MTC Blangko, bedanya hanya pada tandatangan. Di sini, tidak membutuhkan tandatangan Anda. Nominal yang disediakan MTC ini mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 25 juta.

Mandiri juga menyediakan cek perjalanan dalam nominal valuta asing. Cek perjalanan ini dapat dapat diuangkan, dengan syarat, pemilik menandatangani cek dengan lengkap di hadapan bank atau agen di seluruh dunia.

Cek perjalanan Bank Mandiri untuk valuta asing adalah TC American Express Travel Related Services Co, Inc. Tanpa batas kedaluwarsa, cek perjalanan ini bakal diganti kalau hilang dan tidak dapat dicairkan selain oleh pemilik langsung.

BII juga punya cek perjalanan. “Kami punya TC dalam bentuk rupiah dan valas,” kata Sujono. Pecahannya, untuk rupiah mulai dari Rp 100.000 hingga Rp 50 juta. Sementara, untuk cek perjalanan terbitan American Express Travel Related Services Co Inc bilangannya US$ 20 hingga US$500.

Bank BNI punya cek perjalanan pula. Bank berlogo 46 ini menggandeng Citibank (Citicorp) dan Thomas Cook.

Nah, ternyata, walau produk jompo, cek perjalanan masih berguna. Ayo manfaatkan.

+++++
Tip Aman Menggunakan Cek Perjalanan

Cek perjalanan atau traveller’s cheques akan mengurangi besarnya risiko kehilangan uang tunai yang Anda bawa dalam perjalanan jauh. Hitungannya, bila Anda membawa uang tunai, ada kemungkinan bisa hilang, entah tercuri atau sebab lainnya.

Tapi, bila cek perjalanan hilang, orang yang mendapatkan cek tersebut tak bisa mencairkannya. Hanya orang yang namanya sesuai dengan nama di dalam cek itulah yang berhak mencairkannya.

Nah, ada beberapa hal yang wajib Anda cermati yang berkaitan dengan traveller’s cheques.

– Tanyakan kepada bank Anda, apakah di kota tujuan Anda terdapat cabang bank atau agen tempat Anda bisa menukarkan kembali cek perjalanan tersebut. Kalau tidak ada, percuma saja Anda membeli cek perjalanan.

– Cermati biaya tambahan traveller’s cheques yang dikutip bank. Kalau terlalu mahal biayanya, cari penjual lain.

– Ada dua tandatangan yang harus Anda bubuhkan di cek perjalanan. Pastikan saat mencairkan, petugas teller menyaksikan Anda menandatangani dan pastikan dua tandatangan Anda sama.

– Simpanlah cek perjalanan terpisah dari kartu identitas Anda. Jadi, kalau hilang atau dicuri, orang lain tidak bisa memalsukan identitas Anda untuk mencairkannya.

– Catat nomor seri cek perjalanan Anda dan simpan catatan tersebut terpisah. Nomor seri ini akan berguna untuk mengajukan klaim jika Anda kehilangan cek perjalanan tersebut.

– Segera hubungi penerbit atau agen penjual cek perjalanan Anda jika cek hilang.

– Jangan menggunakan cek perjalanan valuta asing (valas) untuk perjalanan di dalam negeri.


0 Responses to “Eh, si Jompo itu Ternyata Masih Punya Gigi, lo”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


May 2007
M T W T F S S
« Apr   Jun »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Archives

Flickr Photos

Chin Scratching Short-eared Owl

Making A Splash

Chouette épervière -  Northern hawk owl - Surnia ulula

Trillium Lake Alpine Glow

Pierless

A Candlelight Dinner

friend and foe

Ice Age Arrows.

More Photos

%d bloggers like this: