18
Aug
07

Kiat dan tip memilih serta menggunakan GPS

Setelah tahu serunya memiliki global positioning system (GPS), kini giliran Anda menimbang-nimbang: beli atau tidak satu unit pengintip posisi itu. Hal yang mesti Anda catat, meski saat ini sedang muncul tren menanamkan GPS di ponsel, Anda wajib memperhatikan manfaatnya ketimbang gengsinya.

“Terbang ke Singapura saya bahkan membawa GPS sendiri,” kata Peter Kurniawan, pemilik Toko Karya Teknik, yang jualan alat-alat survei. Dus, Peter akan bisa mengetahui secara persis di mana posisi pesawat yang bakal ia tumpangi. “Kalau ada yang ganjil, tinggal colek pramugarinya saja,” ujarnya. Hmm…, asyik juga.

Tentu, untuk memilih GPS, Anda perlu memperhatikan banyak hal. Beberapa penyedia atau distributor di Indonesia, seperti Garmin, Magellan, dan Thales, bersedia membagi resep bagi Anda yang belum pernah menjajal membeli perangkat GPS. Dan, asal tahu saja, mereka tidak menjebloskan Anda pada produk dengan harga yang tinggi. Mereka akan mengembalikan pada Anda, “Selera dan isi dompet konsumen,” kata Peter.

Berikut ini hal-hal yang wajib Anda perhatikan sebelum membungkus pulang peranti GPS:

– Merek? Penjual ogah memaksa Anda untuk membeli merek Garmin, Magellan, maupun Thales. Mereka akan bertanya terlebih dahulu tujuan membeli GPS.
– Jadi, apa tujuan Anda dalam membeli GPS? Jangan lupa, GPS memiliki peruntukannya masing-masing, yaitu, darat, laut, udara, dan tracking.
– Harga? Jelas, ini penting. Kalau punya duit berlebih, Anda bisa membeli GPS apa pun yang Anda mau. Kalau tidak, cari yang sungguh pas peruntukannya bagi Anda. Untuk pemetaan atau survei?
– Taruh kata, Anda membutuhkan GPS untuk pemetaan perjalanan darat. Anda harus menentukan, GPS itu akan Anda gunakan di mobil, sepeda motor, atau sepeda? Setiap GPS untuk setiap jenis kendaraan itu memiliki karakternya masing-masing.
– Untuk mobil, pilih yang memiliki layar lebar. Tujuannya sederhana: agar nyaman untuk dilihat. Tinggal meletakkannya di dashboard saja, dan siap menjadi pemandu Anda.
– Kalau kaca mobil Anda berbahan dasar metal, sebaiknya Anda melengkapi peranti ini dengan antena luar. Soalnya, sinyal GPS tidak bisa menembus kaca film yang berbahan dasar logam.
– Untuk sepeda maupun sepeda motor, pilih yang anti-air. Tahu sendiri, musuh utama kendaraan roda dua tersebut hanyalah hujan. “Tinggal kencangkan pengunci baterai agar air tidak tembus ke dalam, dan pasangkan di kendaraan,” terang Peter.
– Pastikan ada peta Indonesia dalam GPS Anda.
– Setel GPS sebelum kendaraan berjalan. Akan berbahaya bila Anda melakukan keduanya pada saat yang bersamaan.
– Lebih baik menyimpan GPS saat kendaraan parkir di tempat umum.
– Anda yang suka menjelajahi daerah baru, pilihlah GPS yang memiliki fitur track log.
– Sebelum membeli GPS, bandingkan harga dan bonus-bonus yang diberikan oleh penyedia GPS. Dengan harga sama, biasanya penjual memberikan bonus berupa memory card dengan kapasitas yang berbeda.
– Jangan lupa, memastikan berapa besar memori dapat diisi dengan peta baru. Catat, peta terus berkembang dan membutuhkan kapasitas memori yang lebih besar. “Lebih dari 512 MB, loading GPS akan lama,” kata Tri Harianto, teknisi dari Gemilang Communication.
– Kebutuhan peta kadang datang tak terduga. Peta Indonesia besarnya 40 MB. Untuk itu, sebaiknya mencari GPS yang memiliki slot untuk ekspansi memori.
– Untuk kebutuhan survei, pastikan menggunakan GPS yang memang cocok untuk keperluan tersebut. Kebutuhan yang sangat membutuhkan akurasi tinggi ini tidak akan terpenuhi oleh ponsel ber-GPS.
– Cari yang kokoh. “Yang tahan banting, yang ada lapisan karetnya,” imbuh Aryo — panggilan gaul Tri Harianto.
– Ketika membeli GPS, sebaiknya pilih yang memiliki peta dasar Pasifik. Di sana tertera wilayah Indonesia. Sebaiknya Anda memperhatikan hal ini, lebih-lebih bila membeli GPS dari luar negeri.
– Cek masa garansinya. Biasanya penjual memberikan garansi hingga setahun.
– Baik Peter maupun Aryo merekomendasikan GPS handheld atau GPS jinjing. “Mau ke gunung, outbound,,dan terbang pun bisa di bawa kemana-mana,” kata Aryo. Praktis.
– Bluetooth GPS? Kalau Anda mau menjajal-jajal dulu dengan PDA plus bluetooth GPS sebelum beli yang 100% GPS, tak masalah. Hasilnya cukup memuaskan. Kendati GPS PDA tak sesempurna GPS sungguhan.
– Terus mengikuti perkembangan peta. Dus, jangan ragu bergabung dengan teman-teman di komunitas NavNet untuk lebih mendalami GPS.

Setelah Anda mengetahui tip memilih dan cara penggunaan, silakan menjelajah.


4 Responses to “Kiat dan tip memilih serta menggunakan GPS”


  1. 1 tris
    March 26, 2008 at 8:03 am

    Kisaran harga GPS rata2 berapa ?…..Untuk di mana letak perbedaan antara GPS darat dan GPS tracking ?

  2. April 10, 2008 at 8:36 am

    Saya sangat tertarik untuk memiliki sebuah GPS, tapi apakah mudah menggunakannya? Apakah alat tersebut dapat memandu kita ke kanan-ke kiri atau lurus hingga kita sampai tempat tujuan?, misalnya sebuah gedung. Apakah semua GPS dengan harga bervariasi mempunyai kemampuan navigasi yg sama? Mohon penjelasannya.

  3. September 6, 2008 at 10:15 am

    Jika Anda hendak membeli GPS dengan harga murah dan bergaransi resmi, silahkan kunjungi web kami di http://www.indogeotech.com

    Terima kasih

  4. November 24, 2010 at 2:07 am

    GPS sangat berguna untuk membantu dan memperlancar usaha bisnis penyewaan mobil agar tetap terpantau mobil sewaan kita. terima kasih


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


August 2007
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Archives

Flickr Photos

Lago di Braies

Red and Gold

Sol Duc Falls

Wasting Light

Back to forest

Red Lane 3

Prairie Falcon 2016

Suitcases

More Photos

%d bloggers like this: