27
Aug
07

Hindari Garong, Asuransikan ATM

Duit Ucup memang tidak setebal konglomerat. Hanya, maraknya keluhan atas kegagalan transaksi, sangarnya garong, dan perampasan membuat bulu kuduk bujangan senior itu bergidik.

Untunglah, ia adalah nasabah Bank niSP. Bank yang 72,4% sahamnya dimiliki OCBC Bank Singapura ini punya produk berupa asuransi untuk kartu atM-nya. namanya guard Bank mengklaim, inilah satu-satunya produk berasuransi di Indonesia.

“Banyaknya cerita kriminalitas membuat nasabah concern pada keamanan kartu atM mereka,” kata Direktur Konsumen Bank niSP Rudy Hamdani. Produk ini merupakan nilai tambah dari bank yang bercita-cita masuk 10 besar bank nasional tahun 2010 itu.

Ketimbang produk asuransi lainnya, berasuransi ini memiliki premi imut, hanya Rp 15.000 setahun. “Masa Rp 15.000 dengan jaminan hingga Rp 10 juta ditolak, sih?” seloroh Rudy.

Untuk nasabah, menurut hitungan Rudy, mengeluarkan Rp 15.000 adalah nothing to loose. “Membayar Rp 15.000 untuk perlindungan seperti ini adalah hal yang melegakan,” tandasnya.

Nasabah lama maupun baru bisa mendaftarkan diri untuk membeli premi ini. Lebih-lebih, nasabah yang memiliki simpanan yang cukup tebal di bank beraset Rp 27,3 triliun ini.

Ujungnya, menggenjot fee base income

Ketua analisa Bidang Pasar asosiasi asuransi Umum indonesia (aaUi) Willy S. Dharma menyambut baik produk seperti ini. “Sekarang ini setiap perusahaan harus lebih kreatif menciptakan produk baru,” katanya.

Rudy pun mengelus jagoannya. Nasabah memperoleh apa saja? asuransi atM ini mampu mengganti kerugian uang dari transaksi tunai lantaran tindakan kriminal, seperti perampokan. Misalnya, biaya pengobatan lantaran perampokan tersebut. Bahkan, “Hingga santunan kematian dan cacat,” kata Rudy.

Perlindungan untuk nasabah tak hanya berkutat pada kriminalitas. anda tentu sering mendengar terjadinya kegagalan ketika bertransaksi lewat atM. nah, atM ini melindungi dari kegagalan tersebut.

Bila anda mengalami kegagalan transaksi, Bank niSP akan mengganti senilai Rp 500.000. Sedangkan nilai penggantian maksimal produk ini adalah Rp 10 juta.

Sebagaimana produk asuransi lain, tentu saja para pemegang polis wajib mengikuti prosedur bila ingin mengklaim. Misalnya, menyertakan dokumen pengajuan klaim seperti formulir, fotokopi atM, kartu identitas, penarikan tunai, dan permintaan asuransi.

Nantinya juga diperlukan dokumen-dokumen pendukung lainnya. ini untuk penggantian biaya pengobatan, cacat tetap, meninggal, dan kegagalan transaksi.

Perlindungan atas atM ini memang vital. Hingga tahun ini niSP yang berdiri sejak tahun 1941 memiliki 378 atM. Selain itu nasabah Bank dapat bertransaksi di 18.000 jaringan Bersama, BCa, OCBC Bank di Singapura, dan BankCard di Malaysia.

Untuk mendukung produk ini, Bank niSP berkongsi dengan Pt aiU indonesia. “aliansi bisnis antara bank dengan perusahaan asuransi adalah sinergi yang baik,” kata Willy. Soalnya, bank punya nasabah dan asuransi punya produk. Jodoh.

Sayang, meski sudah setahun, niSP tampak kurang gereget mempromosikan produk andalannya ini. Dari 800.000 nasabah yang tercatat di niSP, belum banyak yang membeli asuransi ini. “Kami belum mem-push fasilitas ini,” kilah Rudy.

Padahal, kalau niSP lebih giat berpromosi, produk ini bisa menjadi barang dagangan yang laris manis di pasaran. apalagi, pertumbuhan nasabah anyar di sekitar 25.000-30.000 per bulan.

“Produk berasuransi ini sebagai tambahan saja,” ujar Rudy. tambahan atau tidak, berharap akan menggaet nasabah baru dengan atM yang terlindungi dengan asuransi ini.

Terus terang Rudy berharap agar berasuransi ini bisa menyumbang ke fee based income niSP. “itu obyektif kami secara keseluruhan,” katanya.

Asal tahu saja, tahun lalu total fee base income niSP mencapai Rp 215 miliar. Sumbangan dari produk asuransi, termasuk atM berasuransi ini, mencapai Rp 23,8 miliar. tahun ini niSP menargetkan fee base income menggemuk 25% dari tahun lalu.

Kalau produk ini bisa menambah nasabah anyar dan menggemukkan fee base income, Bank niSP tinggal lebih giat promosi saja. Bukan begitu?


0 Responses to “Hindari Garong, Asuransikan ATM”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


August 2007
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Archives

Flickr Photos

Chin Scratching Short-eared Owl

Making A Splash

Chouette épervière -  Northern hawk owl - Surnia ulula

Trillium Lake Alpine Glow

Pierless

A Candlelight Dinner

friend and foe

Ice Age Arrows.

More Photos

%d bloggers like this: