05
Oct
07

Perusahaan asuransi gencar menawarkan asuransi mudik

Oleh-oleh sudah siap, tiket pergi-pulang sudah ada di tangan, mantap, kan? Tinggal berangkat mudik saja. Eit, tunggu dulu, mengapa Anda tidak mengasuransikan diri Anda? Di musim mudik mendatang, perusahaan asuransi berlomba-lomba menawarkan produk kecelakaan diri alias personal accident. Perusahaan yang mencuil pasar ini antara lain Asuransi Jasindo, Asuransi Takaful Keluarga, Asuransi Simas Mobil, Asuransi Cigna, dan Asuransi Central Asia Raya (CAR).

Uniknya, premi yang mereka tawarkan hampir seragam. Misalnya untuk kecelakaan diri, polisnya mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Sedangkan untuk kendaraan bermotor dari Rp 75.000 sampai Rp 100.000. Nilai pertanggungannya mencapai Rp 100 juta. Perusahaan asuransi agaknya tak ingin mempersulit para pemudik. Mereka mengemas perlindungan mudik ini dengan simpel. Cigna dan Takaful misalnya, menggandeng Telkomsel. Jadi, masyarakat yang ingin mendapat perlindungan dari kedua perusahaan asuransi itu cukup mengirimkan pesan singkat alias SMS.

Takaful mengenakan premi lewat pemotongan pulsa sebesar Rp 8.800. Sedangkan Cigna mematok Rp 10.000 per SMS. Masing-masing memberikan perlindungan 10 hari dan 14 hari. Maksimal pertanggungannya hingga Rp 100 juta. Adapun asuransi Jasindo memilih jualan asuransi mudik ini dengan sistem kupon. Ongkosnya lebih imut, yakni Rp 5.000 per kupon. “Tiap orang bisa membeli maksimal 5 kupon,”kata Dewi Poeedjiastuti, Kepala Biro Humas Jasindo. Otomatis, nilai pertanggungan pun berlipat sesuai jumlah kupon yang dibeli.

Perlindungan kupon ini berlaku selama H-10 hingga H+10. Pemudik bisa mendapatkan kupon asuransi ini di stasiun, pelabuhan, terminal, maupun bandara.

Adapun pemudik dengan menggunakan kendaraan pribadi bisa mendapatkan asuransi Jasindo Oto Mudik. Produk ini tersedia di bengkel-bengkel rekanan Jasindo, seperti Toyota, Indomobil, Honda, dan Suzuki. Untuk roda dua, Jasindo membanderol polisnya sebesar Rp 15.000 dengan nilai pertanggungan hingga Rp 10 juta. Sedangkan untuk mobil antara Rp 75.000 hingga Rp 150.000 untuk total loss only maupun all risk dengan nilai pertanggungan mencapai Rp 100 juta.

CAR menjual produk bernama PASMUDIK yang bisa memayungi pemudik selama 14 hari. Bedanya, dengan Jasindo, setiap formulir tanda kepesertaan mudik CAR bisa digunakan sekaligus untuk delapan tertanggung. Harga per unit atau per polis Rp 5.000 dengan pertanggungan hingga Rp 60 juta. CAR juga membolehkan satu orang membeli hingga lima kupon.

Asuransi Simas memiliki produk Simas Mudik. Produk ini memberikan pilihan untuk perlindungan pribadi, keluarga, maupun grup. Harga polisnya bertingkat, yakni 10.000 per orang, Rp 35.000 per 5 orang dan Rp 500.000 per 50 orang. Ketiganya memberi pertanggungan masing-masing Rp 10 juta, Rp 50 juta, dan Rp 500 juta.

Menggemukkan premi, melambungkan namaBagi perusahaan asuransi, jelas ini bisnis yang lumayan empuk. Jasindo, misalnya, tahun lalu bisa mendapatkan premi asuransi mudik hingga Rp 76 juta dari 15.252 premi. Tahun ini, perusahaan asuransi BUMN tersebut mematok pertumbuhan premi melompat dua kali lipat ketimbang tahun lalu.

Bukan hanya Jasindo. CAR juga punya target premi yang menggemuk dibanding dengan tahun lalu. Sekadar informasi, tahun lalu CAR berhasil mengantongi premi sebesar Rp 125 juta dari 10.000 peserta. Tahun ini CAR berharap bisa membukukan pendapatan premi asuransi mudik sebesar Rp 150 juta dari 20.000 peserta.

Untuk menggapai hasil tersebut, CAR mengerahkan pasukan tenaga pemasaran sebanyak 950 orang. “Hanya, kami lebih banyak bergerak di korporasi,”kata Eryanto Dedy, Branch Manager MortgageCorporateBusiness CAR. Sedangkan Cigna tak terlalu agresif mematok target tinggi tahun ini. Soalnya, dari tahun ke tahun, pemasukan premi mudik Cigna terus mengempis. Tengok saja tahun 2004, pembeli polis sebanyak 3.000 orang kemudian tahun berikutnya, mengempis menjadi 2.000 polis. Dan tahun lalu menyusut menjadi 1.534 polis.

“Kami juga membikin review competitor juga, kok,”kata Rosmaylinda Nasution, Direktur Strategic Partnership Cigna. Tahun ini, Cigna lebih mengincar untuk melambungkan nama mereka.

Tapi, target-target pemain asuransi ini tetap tergantung dari para pemudik, apakah mereka mau membeli payung seharga gocengan untuk perlindungan sepanjang hajatan mudik.


0 Responses to “Perusahaan asuransi gencar menawarkan asuransi mudik”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


October 2007
M T W T F S S
« Sep   Nov »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Archives

Flickr Photos

Chin Scratching Short-eared Owl

Making A Splash

Chouette épervière -  Northern hawk owl - Surnia ulula

Trillium Lake Alpine Glow

Pierless

A Candlelight Dinner

friend and foe

Ice Age Arrows.

More Photos

%d bloggers like this: