10
Jan
08

Laba Gemuk, Wanita Berbadan Dua

No. 14, Tahun XII, Minggu I Januari 2008
Bisnis

Wanita modis itu biasa. Bagaimana dengan wanita hamil? Tentu saja, mereka tetap bisa tampil modis. Apalagi banyak yang bilang bahwa wanita hamil justru bertambah seksi. Masalahnya: tidak mudah menemukan baju yang sesuai ukuran tubuh wanita hamil, terutama yang mengikuti mode.

Eh, tapi, kalau rajin mengubek-ubek pusat perbelanjaan seperti mal dan ITC, Anda akan menemukan beberapa toko yang menjual baju untuk wanita hamil. Memang, jumlahnya tidak seberapa, tapi ini sudah jauh lebih baik ketimbang sepuluh tahun yang lalu. Dulu, ibu-ibu berbadan dua sulit sekali mendapatkan baju hamil yang oke.

Nah, ceruk pasar inilah yang dibaca oleh butik baju hamil. Seperti yang diungkapkan oleh Prilly Radhitya, Direktur Eksekutif 9Months Maternity Boutique, di bawah bendera PT Daraya Multi Nine. “Tahun 2000, toko yang menawarkan baju hamil masih sedikit. Inilah alasan kami mendirikan 9Months,” ungkapnya.

Munculnya butik hamil waralaba dari luar negeri, serta beredarnya baju hamil impor, kian menambah sengit bisnis ini. “Sekarang persaingan terasa lebih ketat dibanding dengan tahun 2000 dan 2002,” tandas Prilly. Walau begitu, Prilly masih optimistis bahwa bisnis butik hamil tetap cerah. “Cukup menjanjikan,” sahut Prilly.

Pernyataan senada disampaikan Angela Lovenia, Manajer Pemasaran PT Multi Trend Indo, yang membikin gerai Mothercare. “Pasarnya berkembang dan konsumen sudah mulai memperhatikan produk berkualitas,” kata Angela serius.

Butik seperti 9Months maupun Mothercare menyasar kalangan menengah atas. Keduanya secara khusus membidik wanita berusia 23 tahun-40 tahun yang memiliki status ekonomi B+ sampai A+.

Angela mengungkapkan bahwa pemilihan pasar premium didasarkan atas tingginya harga jual yang ditawarkan kepada konsumen. Alasannya, produk yang berkualitas serta model yang trendi, ditambah dengan bahan yang nyaman, menyedot biaya produksi yang cukup tinggi. “Sebagian besar produk kami dibuat di China, India, Inggris, Turki, dan Thailand,” ujar Angela.

Lebih lagi, kulit wanita hamil biasanya sensitif, sehingga butik pakaian seperti ini cenderung memilih bahan yang berkualitas tinggi agar nyaman dipakai oleh konsumen mereka.

Jangan heran jika 9Months dan Mothercare membanderol dagangan mereka dengan kisaran harga antara puluhan ribu sampai jutaan rupiah untuk satu potong baju hamil.

Menarik minat pembeli

Guna menghimpun konsumen, Mothercare dan 9Months menerapkan strategi pemasaran beragam. Misalnya saja, mengeluarkan produk baru dalam periode tertentu. Mothercare setiap bulan menelurkan model baju yang berbeda. Adapun 9Months malah tiap tiga minggu bikin model baru. “Biar konsumen tidak bosan,” tutur Prilly antusias.

Keduanya juga serius membangun jaringan bisnis. Sejak dua tahun lalu, Mothercare yang asal Inggris ini secara intensif membangun butik baju hamilnya di Indonesia. Kini, mereka memiliki delapan butik di mal Jakarta dan Surabaya. Memang, meleset dari target awal yang mereka tetapkan, bahwa tahun 2006 setidaknya harus sudah ada 15 gerai Mothercare di seluruh Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa persaingan dalam pasar butik baju hamil memang cukup sengit.

Langkah senada juga dilakukan oleh 9 Months, yang butiknya terletak di daerah Kemang, Jakarta Selatan. Meski tidak bikin gerai, mereka memasok baju hamil bikinannya ke pusat perbelanjaan kelas menengah atas.

Selain mengepung konsumen dengan produk, mereka juga memembikin keanggotaan tertentu. Misalnya saja, Mothercare punya kartu anggota gold. Dengan kartu ini, anggotanya bisa mendapat diskon sampai 10%, jika pembelanjaan mencapai Rp 6 juta.

Gerai 9Months memberikan potongan 20% bagi pemilik privilege card. Ternyata, program diskon ini tergolong efektif dalam menarik minat konsumen. Saat ini Mothercare saja sudah memiliki 25.000 anggota.

Tidak hanya menjual baju hamil, biasanya butik juga menjual sepatu, aksesori, serta tas bagi wanita berbadan dua.

Selain itu, mereka memberi garansi, seperti After 9 yang dilakukan oleh 9Months. Mereka membuka layanan untuk perubahan ukuran baju, setelah si ibu melahirkan. Jadi, baju yang sama bisa dipakai dalam waktu lama.


0 Responses to “Laba Gemuk, Wanita Berbadan Dua”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


January 2008
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Archives

Flickr Photos

Lago di Braies

Red and Gold

Sol Duc Falls

Wasting Light

Back to forest

Red Lane 3

Prairie Falcon 2016

Suitcases

More Photos

%d bloggers like this: