25
Jan
08

Ada investor baru (lagi) bagi Facebook

Pengguna internet punya dua pilihan menambah teman: lewat kehidupan biasa di alam nyata atau gentayangan di dunia maya. Lazim jika Anda ditanya oleh kawan baru, “Punya FS (Friendster), enggak?”

Menurut informasi dari Alexa.com, Friendster adalah situs paling populer di Indonesia. Tapi, akhir-akhir ini dunia sedang keranjingan Facebook (FB). Situs bikinan Mark Zuckerberg, mahasiswa dropout Harvard berumur 24 tahun ini, ada di ranking 7. Popularitas Facebook memang masih kalah dengan situs serupa, yakni MySpace (ranking 6). Namun, Facebook mengalahkan hi5 (urutan ke-8) dan Friendster yang nangkring di urutan ke-14.

Banyak kalangan percaya, cuma soal waktu Facebook bakal mengalahkan popularitas MySpace, yang saat ini masih menguasai pasar jejaring sosial di Amerika. Hal itu bukan tanpa alasan. Sejak dibikin tahun 2004 sampai kini, Facebook menggaet 60 juta anggota aktif. Artinya, anggota itu masih melakukan update pada situs mereka, biar cuma sebulan sekali. Menurut situs Facebook, rata-rata mereka menerima 250.000 pendaftar baru tiap hari dan tumbuh 3% per minggu, sejak Januari 2007. Sebagai perbandingan, MySpace, menerima 300.000 pendaftar saban hari.

Cuma, di dunia maya, Anda bebas melakukan apa saja. Termasuk mempunyai dua, tiga, bahkan lebih situs pertemanan.

Misalnya saja, Yustiniani Mouton yang wajahnya tercetak di Facebook, Linkedin, Friendster, dan Viadeo. “Tapi, sekarang lagi senang Facebook,” ujar Yustiniani yang bermukim di Prancis ini. Pasalnya, menurut Nino, panggilan Yustiniani, Facebook memiliki aplikasi yang lucu-lucu. “Meski kebanyakan, sih, karena enggak ada waktu buat lihat semuanya!” sambung Nino lagi.

Bersatu dalam Google

Benar. Kelebihan Facebook dibanding dengan situs pertemanan lain adalah fitur application programming interface (API) yang mereka miliki. Aplikasi ini memungkinkan pengguna Facebook membuat program kecil atau widget untuk dipakai sendiri atau dibagikan ke teman mereka.

Alhasil, di Facebook, Anda bisa menemukan beragam aplikasi yang lucu. Misalnya, kuis untuk menentukan karakter siapakah yang paling cocok menggambarkan diri Anda di serial Friends, atau The Simpsons. Bahkan ada pula user yang membikin binatang peliharaan virtual, persis mainan Tamagotchi yang menghebohkan 12 tahun lalu.

Fitur API disukai karena membikin Facebook jadi lebih interaktif. Konsep interaktif adalah platform yang dianut Web 2.0. Perkembangan situs belakangan, memang fokus pada user. Jadi, pemakai internet sah-sah saja menambahkan aplikasi ini itu dalam situs berbasis Web 2.0. Hal yang tidak mungkin dilakukan pada situs tradisional dahulu.

Langkah Zuckerberg mengimbuhkan API membawa 100 aplikasi baru tiap hari yang dibikin pengguna Facebook. Aplikasi-aplikasi kecil ini menimbulkan kecanduan Facebook. Penggunanya bisa menghabiskan waktu 24 jam sehari mengutak-utik puluhan ribu aplikasi di situ. Belakangan para pesaing Facebook, seperti Linkedin, Friendster, dan Viadeo bergabung untuk aplikasi serupa yang dibikin Google OpenSocial.

Hoki Zuckerberg belum berhenti sampai di situ. Oktober 2007, Microsoft membeli 1,6% saham Facebook, senilai US$ 240 juta. Maklum saja, popularitas Facebook yang luar biasa telah menjadi magnet bagi pengiklan.

Seperti dikutip dari AP, Microsoft ingin meniru langkah Google, yang selama semester pertama 2007 bisa meningkatkan pendapatan iklan online sebesar 64% menjadi US$ 13,3 miliar. Sedangkan Microsoft cuma meningkat 21% menjadi US$ 1,84 miliar. Selain oleh Microsoft, saham Facebook dimiliki taipan Hongkong Li Ka-shing yang menyetorkan US$ 60 juta, November 2007.

Nah, Selasa (15/1) lalu, beredar kabar bahwa tiga pengusaha Jerman, yakni Alexander, Marc, dan Oliver Samwer pun membeli saham Facebook. Adapun Samwer Brothers adalah pembuat Alando, yang akhirnya dijual ke eBay senilai US$ 54 juta dan Jamba, yang dilepas ke Verisign seharga US$ 273 juta pada tahun 2004.

Bagi Zuckerberg, partner yang berasal dari Eropa merupakan berkah tersendiri. Maklumlah, Facebook juga ingin menyamai popularitas MySpace di benua itu. Dalam situsnya, Jeremiah Owyang, Web Strategist SF Bay Area USA, bilang bahwa sudah lazim setiap orang Inggris punya MySpace, seperti mereka memiliki seekor anjing.


0 Responses to “Ada investor baru (lagi) bagi Facebook”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


January 2008
M T W T F S S
« Dec   Feb »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  

Archives

Flickr Photos

Chin Scratching Short-eared Owl

Making A Splash

Chouette épervière -  Northern hawk owl - Surnia ulula

Trillium Lake Alpine Glow

Pierless

A Candlelight Dinner

friend and foe

Ice Age Arrows.

More Photos

%d bloggers like this: