23
Feb
08

Berselancar di Dunia Maya sembari Keliling Pantura

Salah satu hal yang bikin bete bepergian dengan bus adalah jika harus bengong atau terpaksa menghabiskan waktu sekian lama melihat-lihat pemandangan yang menjemukan. Padahal, waktu yang berharga itu bisa kita gunakan menyelesaikan pekerjaan, mengontak relasi, atau mengakses berita terbaru. Di mata para pengusaha jeli, ini tentu sebuah peluang. Maka, Januari 2008 di jalanan Pulau Jawa meluncurlah cyber bus. Ini adalah bus pariwisata mewah yang dilengkapi koneksi internet melalui hot spot.

Adalah perusahaan otobus (PO) Nusantara, yang meluncurkan cyber bus itu. Nusantara adalah perusahaan angkutan yang berkantor pusat di Kudus, Jawa Tengah, dan melayani sejumlah rute di berbagai daerah di Pulau Jawa hingga Jakarta. Peluncuran bus ber-hot spot ini menjadi salah satu strategi PO Nusantara menggaet pelanggan, khususnya menyambut Visit Indonesia Year 2008.

Selain koneksi internet, Nusantara juga melengkapi bus yang dirancang hanya untuk 11 penumpang ini dengan berbagai fasilitas pendukung perkantoran. Umpamanya, faksimili, video streaming, serta layanan VoiP.

Menurut Andy Darmawan, Manajer Marketing PO Nusantara, ide cyber bus berawa dari pengalaman sendiri. “Manajemen yang sering bepergian menemui kesulitan ketika harus mengontrol agen-agen di daerah,” tutur Andy. “Lantas, terpikirlah ide membuat bus yang dilengkapi hot spot. Toh, agen-agen kami di daerah sudah online semua,” ujarnya.

Untuk penyediaan jaringan internet, Nusantara menggandeng Indosat. Mereka menyediakan layanan akses internet berteknologi 3,5 G. Alhasil, penumpang cyber bus bisa berselancar di dunia maya dengan cepat selama dalam perjalanan. Tapi tentu saja, kecepatan berselancar itu bisa berkurang jika melewati kota-kota yang belum memiliki jaringan 3,5 G.

Operator bus ini juga menyuguhkan kemewahan interior kabin penumpang. “Kami menginginkan penumpang bisa merasakan kemewahan layaknya kamar hotel berbintang,” ujar Andy, dengan nada-nada berpromosi. Makanya di dalam bus internet itu terdapat sofa empuk berbentuk melingkar, kursi pijat, hingga tempat tidur yang terletak di ruangan khusus.

Ciptakan pasar baru

Sebagai fasilitas hiburan, di bus ini tersedia perangkat home theater, karaoke, hingga minibar. “Televisi berukuran besar juga tersedia di cyber bus,” ujar Andi. Untuk mengetahui posisi keberadaannya serta memantau rute perjalanannya, penumpang tinggal melihat layar GPS yang juga tersedia di bus tersebut.

Sebagai pendukung utama menghadirkan kenyamanan dan teknologi canggih bagi penumpangnya, Nusantara tak sembarangan memilih bus. Perusahaan asal Kota Kretek ini memilih bus keluaran Volvo yang mesinnya terkenal punya getaran halus dengan guncangan minimal.

Dengan semua kemewahan, kecanggihan, dan kenyamanan itu, Nusantara memang sedang berupaya menciptakan pasar penumpang atau penyewa bus dari kalangan orang-orang kaya. Maka, tanpa ragu Nusantara pun menetapkan tarif rata-rata Rp 2 juta per hari untuk bus canggihnya itu.

Nusantara membidik pasar institusi dan perusahaan sebagai target utama cyber bus. Menurut Andy, calon pelanggannya adalah beberapa perusahaan yang selama ini sudah menjadi pelanggannya, di antaranya perusahaan rokok Sukun dan Norojono. “Mereka biasanya menyewa bus untuk meeting, pesta kecil, hingga liburan akhir pekan bersama keluarga,” imbuhnya.

Uniknya, beberapa penyewa bus ini ternyata adalah honeymooner atau pasangan yang baru saja menikah. “Sudah ada lima pasangan muda yang pesan untuk berbulan madu keliling Jawa,” ujar Andy.

Sayang, lantaran biaya pembuatannya mencapai miliran rupiah, Nusantara belum bisa menyediakan banyak cyber bus. Saat ini baru ada satu unit cyber bus yang sudah beroperasi dan satu unit lagi masih dalam perakitan. Cyber bus juga belum bisa dibawa ke luar Jawa, termasuk Bali. “Bodi cyber bus yang ada sekarang terlalu ceper, sehingga bagian mesin akan menyeruduk bagian tertentu jika akan menumpang kapal feri,” kata Andy. “Jadi, cyber bus baru bisa dibawa ke obyek-obyek wisata di Pulau Jawa saja,” tambahnya.

Selain bus pariwisata, Nusantara juga akan membekali bus supereksekutifnya dengan layanan internet. Sama halnya cyber bus, mereka pun berharap akan menemukan segmen pasar baru untuk pasar bus malam supereksekutif.

Nusantara punya rute dari kota-kota pesisir Jawa Tengah, seperti Kudus, Pati, Rembang, Jepara menuju Jakarta dan Bandung. Rencananya, perusahaan bakal meluncurkan lima armada bus supereksekutif jenis ini pertengahan tahun ini. “Kini kami sedang menentukan harga tiket kelas supereksekutif,” kata Andy.

Layanan khusus untuk menjaring penumpang eksekutif macam ini juga dilakukan PT Kereta Api Indonesia (KAI). PT KAI punya tiga kereta carter yang mempunyai fasilitas ruang rapat, lobi, ruang tidur, dan minibar. Hanya, kereta ini belum dilengkapi ko-neksi internet. Kereta tersebut bisa mengikuti rute dan jadwal kereta biasa, juga dioperasikan sesuai kebutuhan si penyewa.

Menurut Ahmad Sujadi, Kepala Humas Daerah Operasi II PT KAI, kereta carter yang sewanya antara Rp 7,5 juta hingga Rp 14 juta per gerbong ini sangat banyak diminati, khususnya oleh berbagai perusahaan dan keluarga yang ingin melakukan perjalanan dinas atau wisata.


1 Response to “Berselancar di Dunia Maya sembari Keliling Pantura”


  1. 1 boim
    April 14, 2008 at 4:10 am

    brovo nusantara


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


February 2008
M T W T F S S
« Jan   Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
2526272829  

Archives

Flickr Photos

Chin Scratching Short-eared Owl

Making A Splash

Chouette épervière -  Northern hawk owl - Surnia ulula

Trillium Lake Alpine Glow

Pierless

A Candlelight Dinner

friend and foe

Ice Age Arrows.

More Photos

%d bloggers like this: