18
Jun
08

khasiat jempolan yogurt

Kandungan gizi yang ada dalam yogurt memang tak perlu kita ragukan. Terlebih, yogurt terbuat dari susu yang terkenal kaya akan zat gizi. Kendati tak mengandung vitamin C dan zat besi dalam jumlah cukup untuk kebutuhan tubuh, toh yogurt yang berasa sedikit masam ini mengandung banyak zat gizi, mulai protein, fosfor, kalsium, magnesium, dan juga kalori.

Manfaat yang sangat terkenal dari yogurt adalah menjaga keseimbangan pencernaan. Diare dan disentri akan terlibas habis oleh gelontoran halus yogurt. Lebih dari itu, yogurt juga membantu penyembuhan infeksi saluran kencing. Sebuah penelitian di Finlandia bahkan menunjukkan, menyantap susu fermentasi seperti yogurt minimal tiga kali seminggu dapat menghindari risiko terkena infeksi saluran kencing ketimbang mereka yang tak mengkonsumsinya.

Haryati AMG, Koordinator Gizi Rumah Sakit Mediros punya takaran yang pas bagi Anda yang ingin mengkonsumsi yogurt secara rutin. “Sebaiknya sehari sekali sebanyak 200 cc yakni pukul 9.00 atau jam 15.00,” katanya. Pada jam itu, pencernaan pada tahap mengolah sekaligus membuang zat-zat yang tak berguna dalam tubuh. Takaran yang juga bisa Anda anut adalah hitungan Titi Sekarindah, ahli gizi Rumah Sakit Pertamina Pusat (RSPP). “Dua kali sehari, antara selingan makan pagi dan makan siang atau makan siang dan makan malam juga baik bagi tubuh,” tegasnya.

Bagi para wanita, mengkonsumsi semangkuk yogurt setiap harinya dapat mengatasi keputihan, jamur, dan vaginitas pada wanita. Anda yang juga tengah menjalani program diet sangat dianjurkan mengkonsumsi yogurt. “Kandungan lemaknya rendah, jadi cocok untuk orang diet,” kata Haryati. Sebagai makanan rendah kalori, yogurt membantu menghilangkan lemak perut serta menjaga berat otot dua kali lipat lebih efektif. Untuk tujuan itu, Titi menyarankan Anda mengudap yogurt plain yang bisa dicampurkan dengan irisan buah.

Yogurt juga baik untuk mendampingi Anda yang sedang mengkonsumsi obat-obatan antibiotik. Sebab, yogurt mampu menggantikan bakteri baik yang mati akibat libasan penggunaan antibiotik. Kolesterol yang tinggi juga bisa luntur dengan yogurt. sebab, bakteri yogurt mampu menyerap sejumlah kolesterol melebur ke dalam selnya.

Kolesterol yang mini ujung-ujungnya bisa menurunkan risiko jantung koroner. Beberapa jenis bakteri asam laktat yang terdapat dalam yogurt nyatanya juga mampu melakukan metabolisme kolesterol dari makanan dalam usus halus hingga tak terserap tubuh. Selain itu, asam laktat juga mampu mencegah keracunan kronis alami akibat serangan radikal bebas. Bahkan, yogurt dapat menghalangi terjadinya proses percepatan penuaan.

Wajar, bila orang yang gemar dan rutin menyantap yoghurt tampak lebih muda, kan?


0 Responses to “khasiat jempolan yogurt”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


June 2008
M T W T F S S
« May   Aug »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Archives

Flickr Photos

Lago di Braies

Red and Gold

Sol Duc Falls

Wasting Light

Back to forest

Red Lane 3

Prairie Falcon 2016

Suitcases

More Photos

%d bloggers like this: