23
Jun
08

bawang putih nan berkhasiat

Kapan terakhir Anda mencium harum khas bawang yang ditumis di wajan?

Sebagai bumbu dapur yang nyaris wajib ada di setiap masakan, bawang putih memang populer di dunia kuliner, baik di Indonesia, China, Jepang maupun Korea. Juru masak yang tengah mengolah tumis kangkung dengan udang atau cumi misalnya, tak akan melewatkan bawang putih dalam racikannya. Aroma khas bawang putih juga akan menyeruak begitu kita mengunyah seiris garlic bread.

Umbi bawang putih terdiri beberapa siung yang bergerombol menjadi satu membentuk umbi besar. Warnanya putih dan berbentuk gasing. Hampir semua masakan tradisional Indonesia menggunakan bawang putih sebagai salah satu komponen bumbu

Eit…! Saat ini kita tidak sedang membincangkan bawang putih untuk olahan makanan. Melainkan, khasiatnya. Ya, bawang putih bukan cuma meninggalkan jejak harum pada masakan, tapi juga memiliki kandungan zat yang berguna bagi tubuh. Makanya, orang tua zaman dahulu suka mengunyah satu dua siung bawang putih setiap hari untuk menjaga stamina dan kesehatannya.

Walaupun bawang putih sudah dikenal luas di Indonesia, bawang putih bukan tanaman asli Indonesia. Dia berasal dari Asia Tengah, yaitu Jepang dan China. Dari kedua negara subtropis inilah, bawang putih menyebar ke seluruh Asia, Eropa, dan akhirnya ke seluruh dunia.

Zat gizi bawang putih
Bawang putih mempunyai nama latin Allium sativum Linn. Kata All berarti berbau tidak sedap dan sativum berarti dibudidayakan. Sebutan sativum ini untuk membedakannya dengan bawang jenis lain yang tumbuh liar, yaitu Allium longicurpis Regel.

Keluarga atau genus Allium ada sekitar 500 jenis. Lebih dari 250 jenis diantaranya termasuk bawang-bawangan. Tanaman bawang putih bisa ditemukan dalam bentuk terna atau bergerombol, tumbuh tegak, dan bisa mencapai ketinggian 30 cm – 60 cm.

“Bawang putih mengandung zat gizi (nutrient) dan non nutrient (phytonutrient),” jelas Inge Permadhi, Ahli Gizi Klinik Spesialis Gizi Seruni. Phytonutrient adalah komponen non nutrient yang terdapat pada tanaman tertentu dan mempunyai aktivitas biologis yang dipercaya dapat berguna bagi kesehatan tubuh.

Salah satu kandungan senyawa yang ada pada bawang putih adalah aliin. Coba ambil satu siung bawang putih dan memarkan atau haluskan. Zat aliin yang sebenarnya tidak berbau, akan terurai. Dengan dorongan enzim alinase, aliin terpecah menjadi alisin, amonia, dan asam piruvat.

Nah, bau tajam alisin yang menyeruak dari gerusan bawang putih itu disebabkan adanya kandungan belerang atau sulfur di dalam alisin. Aromanya kian menyengat ketika zat belerang itu diterbangkan amonia ke udara.

Meski baunya kurang sedap, seperti senyawa fenolik lainnya, alisin mempunyai fungsi fisiologis yang sangat luas. Termasuk sebagai antioksidan, antikanker, antitrombotik, antiradang, penurunan tekanan darah, dan dapat menurunkan kolesterol darah. Senyawa alisin juga berkhasiat menghancurkan pembentukan pembekuan darah dalam arteri dan mengurangi gejala diabetes.

Data epidemiologis menunjukkan terdapat korelasi antara konsumsi bawang putih dengan penurunan penyakit kardiovaskuler, seperti aterosklerosis atau penumpukan lemak, jantung koroner, dan hipertensi.

Bawang putih juga memiliki senyawa lain yang berkhasiat obat, yaitu alil. Senyawa alil paling banyak terdapat dalam bentuk dialil-trisulfida yang berkhasiat memerangi penyakit-penyakit degeneratif dan mengaktifkan pertumbuhan sel-sel baru.


0 Responses to “bawang putih nan berkhasiat”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


June 2008
M T W T F S S
« May   Aug »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Archives

Flickr Photos

Chin Scratching Short-eared Owl

Making A Splash

Chouette épervière -  Northern hawk owl - Surnia ulula

Trillium Lake Alpine Glow

Pierless

A Candlelight Dinner

friend and foe

Ice Age Arrows.

More Photos

%d bloggers like this: