23
Jun
08

takarannya yang pas-pas saja

Orang China mengenal pepatah: “Jika usia Anda telah mencapai 50 tahun dan Anda memakan bawang putih selama 50 hari, maka usia Anda akan bertambah 50 tahun lagi”.

Tapi, jangan menenggak pepatah ini mentah-mentah, ya. Maksud pepatah ini sejatinya menggambarkan betapa berkhasiatnya bawang putih bagi kesehatan. Bila sehat, tentu harapan hidup bisa lebih panjang.

Banyak orang yakin, bawang putih bermanfaat bagi kesehatan dan mencegah banyak penyakit. Salah satunya, konsumsi dua tiga siung bawang putih setiap hari secara teratur dapat mencegah serangan jantung.
Bawang putih juga dipercaya mampu menekan kadar kolesterol, mendongkrak stamina seks, menangkal flu, membasmi cacing perut, mengobati rematik, dan meredakan insomnia.

Berbagai penelitian untuk mengungkap khasiat bawang putih itu terus berlangsung hingga kini. Tapi, untuk dapat dinyatakan sebagai obat, khasiat nya harus dapat dibuktikan secara ilmiah. “Sayangnya, pada berbagai penelitian khasiat bawang putih ini nyatanya tak selalu dapat dibuktikan,” ujar Inge Permadhi, Ahli Gizi Klinik Spesialis Gizi Seruni.

Contohnya, penelitan Archives of Internal Medicine tahun 2007 menunjukkan, bawang putih tidak terbukti menyebabkan penurunan kadar kolesterol, walaupun penelitian ini tetap meng akui bawang putih mempunyai efek yang menguntungkan terhadap pembuluh darah.

Inge menyarankan, jika hendak mengkonsumsi bawang putih sebagai obat, Anda harus terlebih dulu berkonsultasi dengan dokter. Sebab, bawang putih yang diberikan sebagai suplemen dapat berinteraksi dan memperkuat efek dari obat-obat yang Anda konsumsi.

Bawang putih bisa dikonsumsi mentah dan tak akan membikin keracunan. Namun, “Justru zat tertentu seperti alisin terbentuk setelah bawang putih dimasak, dikunyah atau dipotong,” imbuh Fiastuti Witjaksono, Ahli Gizi Klinik Spesialis Semanggi. Alisin adalah zat ampuh dalam bawang putih yang berbau menyegat dan berguna sebagai antibiotik.

Di beberapa negara seperti Jepang atau China, bawang putih dikonsumsi tanpa ditumbuk halus atau dirajang seperti kebanyakan bumbu di Indonesia. Satu siung bawah putih dibakar atau langsung dikudap tanpa racikan lain, untuk menambah kenikmatan rasa masakan.

Selain sebagai penyedap masakan, bawang putih juga dapat mengurangi dampak buruk dari lemak. Itu sebabnya bawang putih tetap menjadi pilihan utama banyak orang setiap makan dan memasak.

Baik Inge maupun Fiastuti tak membatasi konsumsi bawang putih. Tentu ini berlaku untuk bawang putih yang jamak digunakan sebagai bumbu penyedap masakan. “Tapi bila bawang putih yang dimaksud adalah untuk suplemen, tentu konsumsinya tergantung kebutuhan dan dosis optimal yang ingin dicapai,” tandas Inge.

 


0 Responses to “takarannya yang pas-pas saja”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


June 2008
M T W T F S S
« May   Aug »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Archives

Flickr Photos

Chin Scratching Short-eared Owl

Making A Splash

Chouette épervière -  Northern hawk owl - Surnia ulula

Trillium Lake Alpine Glow

Pierless

A Candlelight Dinner

friend and foe

Ice Age Arrows.

More Photos

%d bloggers like this: