25
Jun
08

es krim tak bikin gembrot

ADA begitu banyak mitos yang bertebaran di seputar es krim. Lantaran komposisinya yang sarat akan energi, protein, dan lemak, terutama lemak jenuh, es krim kerap dituding sebagai biang keladi penyebab kegemukan atau obesitas.

Sebetulnya, Kegemukan tak akan terjadi bila kebutuhan menu gizi seimbang terpenuhi sebelum mengonsumsi es krim. Jangan sampai belum makan, perut sudah diisi es krim. Inge Permadhi, Ahli Gizi Klinik Spesialis Gizi Seruni tak menampik mitos ini. “Tentu saja es krim bisa bikin gemuk, terutama bila seseorang tidak merasa bahwa es krim yang dimakan juga memberi sumbangan kalori,” tegasnya.

Asal tahu saja, kebutuhan kalori setiap orang rata-rata sebesar 1.500 kalori per hari. Tentu, ini bukanlah angka mutlak lantaran setiap tubuh membutuhkan hitungannya sendiri sesuai berat badan, tinggi badan, umur dan aktivitasnya.

Nah, berapa kalori per scoop es krim? Fiastuti Witjaksono, Ahli Gizi Klinik Spesialis Semanggi menakar, satu regular scoop es krim pabrikan mengandung sekitar 230 kalori hingga 290 kalori. Dus, satu scoop sehari, itu sudah cukup menyumbang kalori harian. Fiastuti bilang, menyantap es krim harus dihitung kalorinya. Kalau kalori yang masuk lebih dari kebutuhan kita dalam jangka panjang, akan terjadi penumpukan lemak di tubuh yang membuat kegemukan. Itu sebabnya Inge mengingatkan, agar si penikmat es krim tak kegemukan, dia harus tahu berapa kebutuhan kalorinya per hari. Dia juga harus tahu, berapa kalori es krim yang dimakan agar tak melebihi kebutuhan kalorinya.

Menurut catatan Inge, penambahan kalori sebesar 500 kalori per hari selama satu minggu akan meningkatkan berat badan sekitar satu kilogram. Adapun kontribusi energi es krim per takaran saji hanya sekitar 1% dari total kebutuhan energi dan kontribusi lemaknya per hari. Jumlah tersebut termasuk mungil. Alhasil, kurang pas jika es krim dituduh sebagai biang keladi kegemukan. Mitos lain yang beredar seputar es krim adalah penyebab batuk pilek. Padahal, saat hidangan beku ini masuk ke mulut, es krim akan segera meleleh.

Tapi harap dicatat, es krim sebaiknya dihindari oleh penderita radang tenggorokan, amandel, atau asma. Ketiga penyakit tersebut dapat kambuh apabila terinduksi oleh suhu dingin.

es krim juga kerap dituding sebagai biang kerok terjadinya gigi berlubang. Nyatanya, bukan hanya es krim saja yang bisa bikin gigi bolong, tapi semua makanan. Pasalnya, penyebab gigi berlubang adalah fermentasi sisa-sisa karbohidrat, terutama gula sederhana, yang tertinggal dan menempel pada gigi. Gigi berlubang bisa dihindari bila setiap kali usai makan es lantas berkumur atau menyikat gigi sehingga sisa-sisa makan atau gula yang ada di dalam es akan berkurang atau hilang.


0 Responses to “es krim tak bikin gembrot”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


June 2008
M T W T F S S
« May   Aug »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Archives

Flickr Photos

Lago di Braies

Red and Gold

Sol Duc Falls

Wasting Light

Back to forest

Red Lane 3

Prairie Falcon 2016

Suitcases

More Photos

%d bloggers like this: