27
Jun
08

asal usul cokelat

Kemunculan cokelat bukanlah kemarin sore.

Sejak 1000 SM bangsa-bangsa yang mendiami daerah Meso-Amerika, Amerika Tengah sampai bagian utara Amerika Selatan sudah mengkonsumsi cokelat. Di jaman itu, mereka mengolahnya menjadi minuman yang mirip dengan hot atau cold chocolate se-perti yang biasa kita temui saat ini. Mereka menambahi minuman itu dengan rempah-rempah, seperti kayu manis, vanila, annatto, bubuk cabai, dan lain sebagainya.

Kemudian, bangsa Maya yang terbukti pertama kali menemukan racikan sedap minuman cokelat dan cara pengolahan biji kakao. Sesudahnya, orang-orang Aztec menduplikasinya saat mereka menguasai daerah Meso-Amerika. Mereka memberi nama minuman ini dengan xocoãtl (chocoatl) yang berarti air pahit.

Nyatanya, orang Maya lebih menyukai minuman cokelat panas, sementara mana Aztec lebih suka ramuan dingin. Suku Aztec dan Maya di Mexico percaya bahwa Dewa Pertanian telah mengirimkan coklat yang berasal dari surga kepada mereka. Lebih dari sekadar minuman, mereka juga menggunakan biji kakao sebagai alat tukar atau mata uang.

Cokelat bertransformasi pada resep baru saat memasuki akhir abad 15. Hernan Cortez memimpin ekspedisi ke Aztec di tahun 1519. Tujuh tahun kemudian dia kembali ke Spanyol dengan membawa biji kakao sebagai bahan baku dan tentu resep pembuatan minuman ini. Minuman ini mulai populer di Eropa, setelah mengalami sedikit modifikasi. Semua rempah-rempah dipinggirkan, kecuali vanila. Selebihnya, susu dan gula masuk ke dalam racikan Cortez.

Sejak itu cokelat menjadi primadona. Bukan hanya Amerika saja yang menggandrungi cokelat, tetapi menyebar hingga ke Prancis, Belgia, Italia, Spanyol, dan Swiss untuk mulai mengeksplorasi biji kakao.

Permintaan kakao di Eropa mulai tinggi, dan ini dilirik sebagai bisnis baru. Mereka mulai menanam kakao di koloni-koloni mereka. Spanyol membawa kakao ke Filipina, Prancis ke Pantai Gading, Belanda ke Indonesia, dan Inggris ke Malaysia.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


June 2008
M T W T F S S
« May   Aug »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Archives

Flickr Photos

Chin Scratching Short-eared Owl

Making A Splash

Chouette épervière -  Northern hawk owl - Surnia ulula

Trillium Lake Alpine Glow

Pierless

A Candlelight Dinner

friend and foe

Ice Age Arrows.

More Photos

%d bloggers like this: